“NDP BINTANG ‘ARASY”

“NDP BINTANG ‘ARASY”
Oleh Said Muniruddin

NDP singkatan dari “Nilai-Nilai Dasar Perjuangan”. NDP adalah sebuah pandangan dunia (worldview) tentang Tuhan, manusia dan alam, serta relasi antar ketiganya. NDP ini disusun oleh Nurcholish Madjid (Cak Nur) berdasarkan alQuran & Hadist. Bagi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), NDP merupakan paham sekaligus keyakinan berfikir, karena berisi substansi spirit penjabaran nilai-nilai Islam dalam realitas sosial Indonesia.

NDP ini diformalkan menjadi dokumen ideologis organisasi HMI pada Kongres IX tahun 1969 di Malang.  NDP berguna untuk menjawab tantangan dan kebutuhan perjuangan kader-kader pemimpin muslim di HMI dalam misi mewujudkan “masyarakat adil makmur yang diridhai Allah swt.” NDP juga berfungsi sebagai landasan etis dan  normatif kader dalam mencapai 5 Kualitas Insan Cita (5KIC), atau mencapai maqam kesempurnaan (insan kamil). Oleh sebab itu, NDP merupakan ideologi bagi bagi HMI.

Bintang ‘Arasy adalah nama dari bintang pada lambang HMI yang menjadi inti dari NDP. Bintang ‘Arasy merupakan simbol dari wujud manusia paripurna yang telah mencapai derajat tertinggi kemanusiaan. Insan kamil atau Bintang ‘Arasy adalah manusia yang ruhnya bercahaya sehingga menjadi penerang bagi manusia. Inilah wujud pemimpin atau pejuang sejati yang memiliki kombinasi utuh antara iman, ilmu dan amal. Manusia seperti ini telah memiliki komposisi sempurna 5 nilai dasar Islam dalam jiwanya, yaitu nilai: tauhied, ikhlas, adil, ihsan, dan taklif (tanggungjawab). Inilah wujud pemimpin yang diinginkan terbina dalam proses perkaderan di HMI.

“NDP Bintang ‘Arasy” adalah visualisasi skematis NDP HMI yang saya susun berdasarkan dokumen yang disusun oleh Nurkholish Madjid tahun 1969. Sejumlah kerangka baru telah saya sempurnakan guna memudahkan memahami peta dan isi NDP tersebut. Untuk mendapatkan “Skema NDP Bintang ‘Arasy” DOWNLOAD DISINI.

2 thoughts on ““NDP BINTANG ‘ARASY”

Comments are closed.

Next Post

DOSA AKADEMISI

Thu Jan 1 , 2015
Dosa […]

Kajian Lainnya