KONTRIBUSI TERBESAR NABI TERHADAP PEREMPUAN

image: nurmadinah.com
image: nurmadinah.com

KONTRIBUSI TERBESAR NABI TERHADAP PEREMPUAN
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Salah satu kontribusi terbesar Nabi Muhammad SAW terhadap perempuan adalah dengan membuat pernyataan bahwa khusus bagi dirinya, “keturunannya berasal dari anak perempuan.”

Ini sangat bertentangan dengan budaya jahiliah yang tidak menyukai adanya status bagi perempuan. Statement Nabi ini juga menjadi salah satu produk hukum Islam yang berlawanan dengan budaya patriarkhal. Bahkan sampai hari ini banyak orang Islam sendiri yang berat hati untuk menerimanya.

Memang Nabi tidak punya anak laki-laki sebagaimana umumnya kita untuk meneruskan keturunan. Tetapi hikmahnya telah mengangkat derajat anak perempuan, yang beliau tegaskan sebagai jalur penerus keturunannya. “Semua anak yg dilahirkan oleh ibunya bernasab kepada ayah mereka, kecuali anak-anak Fatimah akulah wali mereka, akulah nasab mereka dan akulah ayah mereka” -HR. Imam Ahmad, dll.

Betapa mulianya anak perempuan disisi Nabi. Semoga menjelaskan, “Apakah Nabi Muhammad SAW punya keturunan?” Penjelasan ini dapat dibaca pada artikel kami lainnya: “SUDAH PUTUSKAH KETURUNAN NABI SAW?”

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****