KONTRIBUSI TERBESAR NABI TERHADAP PEREMPUAN

image: nurmadinah.com
image: nurmadinah.com

KONTRIBUSI TERBESAR NABI TERHADAP PEREMPUAN
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Salah satu kontribusi terbesar Nabi Muhammad SAW terhadap perempuan adalah dengan membuat pernyataan bahwa khusus bagi dirinya, “keturunannya berasal dari anak perempuan.”

Ini sangat bertentangan dengan budaya jahiliah yang tidak menyukai adanya status bagi perempuan. Statement Nabi ini juga menjadi salah satu produk hukum Islam yang berlawanan dengan budaya patriarkhal. Bahkan sampai hari ini banyak orang Islam sendiri yang berat hati untuk menerimanya.

Memang Nabi tidak punya anak laki-laki sebagaimana umumnya kita untuk meneruskan keturunan. Tetapi hikmahnya telah mengangkat derajat anak perempuan, yang beliau tegaskan sebagai jalur penerus keturunannya. “Semua anak yg dilahirkan oleh ibunya bernasab kepada ayah mereka, kecuali anak-anak Fatimah akulah wali mereka, akulah nasab mereka dan akulah ayah mereka” -HR. Imam Ahmad, dll.

Betapa mulianya anak perempuan disisi Nabi. Semoga menjelaskan, “Apakah Nabi Muhammad SAW punya keturunan?” Penjelasan ini dapat dibaca pada artikel kami lainnya: “SUDAH PUTUSKAH KETURUNAN NABI SAW?”

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

One thought on “KONTRIBUSI TERBESAR NABI TERHADAP PEREMPUAN

  1. Sebenarnya yg mengatakan bahwa putra-putra nabi semuanya meninggal adalah kaum musyrik saat itu karena mereka tidak menyukai kenabian Muhammad s.a.w.

    putra beliau yg meninggal hanya satu.
    jgn membaca hadis karena sudah banyak di ubah dan dipalsukan oleh kaum yahudi/nasrani musyrik saat itu dlm perjalanan sejarah untuk menghancurkan umat islam.
    nabi mana yg disukai oleh bangsanya sendiri?
    coba pikirkan,apakah seorang nabi yg digelar rahmat bagi alam semesta ini tidak memiliki keturunan?
    saya katakan ini karena saya sendiri adalah keturunan beliau.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustadz sayyid habib yahya

Comments are closed.

Next Post

MAYWEATHER VS. PACQUIAO

Sun May 3 , 2015
“Mayweather […]

Kajian Lainnya