‘GAGALNYA’ QURBAN IBRAHIM

image: thestraightway.info

‘Gagalnya’ Qurban Ibrahim
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Ibrahim panik. Begitu membuka mata, ia melihat yang tersembelih oleh pisau tajamnya justru seekor kibas, bukan Ismail. Ibrahim takut, jangan-jangan persembahannya tidak diterima Tuhan. Karena yang seharusnya syahid adalah anaknya, bukan kambing itu.

Ditolaknya qurban bukan perkara baru. Ibadah qurban termasuk yang tertua di muka bumi. Qabil, anak Nabi Adam as, juga pernah tidak diterima qurbannya. Waktu itu, ia bersama Habil saudaranya diperintahkan Allah untuk memberikan yang terbaik dari harta yang mereka punya. Ini untuk menguji siapa diantara mereka yang paling bertakwa.

Tetapi hanya qurban Habil yang diterima (yang diriwayatkan dengan terbakarnya qurban tersebut, sebagai tanda-tanda dari Tuhan), karena Habil mempersembahkan dari hasil ternak dan pertanian terbaik yang ia miliki (QS. al-Maidah: 27).

*****

Melihat putranya tidak sukses menjadi qurban, Ibrahim menjadi sedih. Ia khawatir telah salah berqurban, atau mungkin persembahannya bukan yang terbaik sehingga tertolak. Lalu turun wahyu:

وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ ° قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا ۚ إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ ° إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ الْبَلَاءُ الْمُبِينُ ° وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ ° وَتَرَكْنَا عَلَيْهِ فِي الْآخِرِينَ °

Kami memanggil dia: “Wahai Ibrahim, sungguh engkau telah membenarkan mimpi itu. Engkau termasuk orang yang benar. Sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat kebajikan. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Kami menggantinya dengan sebuah SEMBELIHAN YANG AGUNG (dzibhin ‘azhim). Kami kami tinggalkan itu pada KALANGAN UMAT TERAKHIR.” (QS. ash-Shaffat: 104-108).

Bahkan Injil pun ikut mengabarkan kisah Kurban Agung ini, yang sejumlah mufassir menyebut yang tersembelih itu sebagai anak turunan Ibrahim, yaitu Husain: “Orang yang tangkas tidak dapat melarikan diri, Pahlawan [Al-Husain dan keluarganya] tidak dapat meluputkan diri; di utara, di tepi sungai Efratlah mereka tersandung dan rebah” (Yeremia 46 : 6). Di bagian lain, “Sebab Tuhan Allah semesta alam mengadakan korban penyembelihan di tanah utara, dekat sungai Efrat” (Yeremia 46: 10). Kedua kabar ini serupa dengan yang digambarkan dalam QS. As-Shaffat 37: 107-108 di atas, “Dan Kami tebus dia dengan sembelihan yang agung. Dan Kami tinggalkan itu pada kalangan ummat yang terakhir“.

***

Memang Ibrahim telah ‘gagal’ mengorbankan anaknya Ismail. Tuhan sendiri yang menggagalkan itu. Tetapi Ibrahim sukses melewati ujian demi ujian sehingga ia diangkat Tuhan menjadi “imam.” Bayangkan, ia seorang Nabi, tetapi setelah melewati berbagai tes tambahan, ia diangkat lagi menjadi “imam” ummat manusia. Ini menunjukkan betapa tingginya posisi para imam pilihan Tuhan. Allah berfirman:

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat, lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu sebagai IMAM bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari dzuriyah keturunanku”. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim” (QS. al-Baqarah: 124).

*****

Sekali lagi, Ibrahim ‘gagal’ mengorbankan anaknya. Namun itu telah digantikan oleh sebuah kibas. Tetapi Ibrahim tidak benar-benar gagal. Karena beberapa generasi kemudian, pada tahun 61 H, salah satu “anaknya” yang lain bernama Husain, sebagaimana dijanjikan dalam QS. ash-Shaffat: 107, telah menjadi pengganti sebagai persembahan yang agung (“dzibhin ‘azhim“). Anak/cucu yang paling disayang Nabi disembelih. Dia rela berangkat ke tepi Eufrat untuk mengorbankan dirinya demi agama.

Tidak ada yang lebih agung dari peristiwa ini. Sebuah peristiwa yang terus diingat dan menjadi penyemangat untuk terus melakukan perlawanan terhadap imperium manapun yang menebar kejahatan. Sampai hari ini, kelompok-kelompok resistensi (muqawamah) yang memegang teguh ideologi qurban Al-Husain masih berani mengorbankan dirinya untuk menghadapi musuh-musuh Islam, para kapitalisme yang hendak menguasai tanah Arab. Khususnya US dan zionisme Israel.

Ibrahim as boleh sangat sedih ketika tau anak kesayangannya diminta untuk diqurbankan. Tapi itu tidak terjadi. Muhammad SAW jauh lebih sedih. Karena saat anak (cucunya) itu lahir dan berada dalam gendongannya, Jibril as datang memberitau bahwa anak (cucu) yang paling disayangnya itu akan betulan disembelih. Air matanya bercucuran. Ujian yang dihadapi Muhammad SAW jauh lebih besar dari Ibrahim as. Bagaimana tidak sedih. Karena yang melakukan itu adalah juga bagian ‘tangannya’ sendiri. Tangan-tangan yang (berpura-pura) mengaku sebagai umatnya. Bukan tangan musuh dari agama lainnya.

Sayyidina Husain merupakan cucu Nabi SAW. Ia tepatnya anak dari Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib. Sayyidina Ali kwh dan Muhammad SAW satu kakek, dan sama-sama anak keturunan Ibrahim as. Husain bersama serombongan keluarga Nabi lainnya menjadi sasaran sembelihan oleh musuh-musuhnya. Husain maju ke medan jihad karena melihat agama ini telah mulai dibalikkan ke tradisi jahiliah oleh para penguasa, oleh para khalifah yang dhalim dan tamak.

Sebagaimana dulunya Ismail as, ia juga maju menawarkan dirinya sebagai qurban, untuk sebuah risalah yang ia harus membelanya. Kematian bukan sesuatu yang Ismail takuti, apalagi jika itu dijalan Tuhan. Di Padang Karbala, di tepi sungai Eufrat, imam Husain juga mewarisi spirit yang sama. Dengan tulus ikhlas ia menggantikan posisi Ismail as sebagai “persembahan agung” untuk tegaknya seruan agama pada nilai-nilai keadilan.

Disaat satu persatu anggota pasukan dan keluarganya bertumbangan termasuk bayi yang ada dalam gendongannya, beliau bermunajah, “Ya Allah, ringankanlah deritaku. Engkau telah menyaksikan semuanya. Terimalah pengurbanan ini!”

*****

Anak Ibrahim dari jalur Ismail tidak ada yang menjadi nabi sebagaimana yang banyak terdapat pada jalur keturunan Ishaq, kecuali Muhammad SAW. Tetapi janji Tuhan seperti tersebut dalam QS. al-Baqarah 124 di atas adalah pasti. Sebagian anak cucu Ibrahim dari Muhammad diangkat Tuhan menjadi “imam-imam” ummat manusia. Kepada para imam anak cucunya ini Ibrahim berdoa agar hati sebagian manusia terpaut kepada mereka:

“Ya Tuhan, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan (yang demikian itu) agar mereka melaksanakan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS. Ibrahim: 37). Memang benar, tidak semua hati manusia cenderung kepada mereka. Bahkan ada yang “panas” kalau nama imam-imam dari Keluarga Nabi disebut.

Menurut riwayat, Mahdi yang disebut-sebut muncul di akhir zaman, juga seorang imam (pemimpin spiritual) anak cucu Ibrahim as dan juga mewarisi genetik nurullah daripada Nabi Muhammad SAW. Menurut hadist, beliau pun pada akhirnya akan menjadi syuhada, atau salah satu “qurban” terbesar lainnya di akhir zaman demi tegaknya nilai-nilai kebenaran. Para al-mahdi (pembawa petunjuk) yang muncul disepanjang sejarah selalu mengorbankan dirinya untuk Allah.

Sepanjang sejarah kita menyaksikan bagaimana para nabi, imam, wali, ulama dan ulil amri (para mujaddid, pemimpin dan pemberi petunjuk) hadir untuk mengurbankan diri kepada Tuhan. Karena sejatinya, qurban terbesar itu adalah diri kita sendiri, bukan binatang-binatang itu. Sebagian mereka ada yang mati beneran. Sebagian lagi “setengah mati” di jalan Tuhan. Tapi Ruh mereka menjadi abadi dalam sejarah. Sebagaimana juga dijelaskan dalam QS. Al-Hajj 37, bukan daging dan darah binatang itu yang menjadi wasilah untuk diterima Tuhan. Melainkan taqwa, keseluruhan jiwa dan raga yang engkau berikan kepada-Nya.

Labbaik ya Ibrahim. Labbaik ya Ismail. Labbaik ya Rasulullah! – 10 Dzulhijjah 1437 H.

One thought on “‘GAGALNYA’ QURBAN IBRAHIM

Comments are closed.

Next Post

WE TAKE RISK, NOT PROFIT!

Tue Sep 13 , 2016

Kajian Lainnya