PERSUASIVE SPEAKING

PERSUASIVE SPEAKING. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan berbicara (oral communication) adalah paduan ilmu, keterampilan dan seni yang sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Sebagai penyampai berita dan risalah, para nabi dan rasul misalnya, sangat ahli dalam urusan ini. Kita semua dalam keseharian juga melakukan fungsi-fungsi penyampaian sesuatu. Oleh sebab itu, seni persuasi dalam komunikasi menjadi sangat penting.
Dalam persuasive speaking, lima faktor penting harus diperhatikan, yaitu kualitas informasi (information quality), teknik penyampaian informasi (transmits information), penerimaan informasi (confirm acceptance), pemahaman informasi (comprehension of the message), dan informasi tersebut bersifat meyakinkan dan menggerakkan (confince and encourage).

Otak dan hati pendengar harus disentuh sekaligus dalam proses persuasive speaking ini. Untuk itu penyajian informasi dengan perspektif baru, analitis, kritis, lateral, kreatif dan bahkan emosional, perlu dikelola dengan baik. Instrumen non verbal communication cukup mempengaruhi untuk pencapaian target ini.

Unsur gesture (gerakan badan), posture (sikap badan), facial expression (ekspresi wajah), sampai dengan volume dan intonasi suara adalah variabel non verbal yang perlu ditampilkan secara cerdas dan bersahaja. Faktor lainnya yang juga sangat penting dalam persuasive speaking adalah membangun interaksi positif antara pembicara dan pendengar. Interaksi positif akan menyebabkan proses komunikasi semakin berkualitas.

Beberapa prinsip seperti qawlan sadidan (kata-kata benar), qawlan balighan (kata-kata efektif), qawlan kariman (kata-kata mulia), Qaulan makrufan (kata-kata baik) dan Qawlan layynan (kata-kata lemah lembut) menarik untuk dielaborasi serta dapat dijadikan sebagai media efektif dalam membangun interaksi positif tersebut. Sehingga dengan persuasive speaking, pendengar akan mendapat informasi, inspirasi, keyakinan dan sekaligus hiburan yang mencerahkan dan menggerakkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s