DUA “ABDURRAHMAN” DALAM PERANG ACEH

Image: Said Muniruddin, salah satu Dewan Ketua Asyraf Aceh memberi kata sambutan pada Seminar Sejarah “Peran dan Kontribusi Golongan Sayid dalam Perang Aceh” (Banda Aceh, 13 Mei 2017).

Dua “Abdurrahman” dalam Perang Aceh
Resensi oleh: Said Muniruddin

Adalah Habib Abdurrahman bin Hasan Asseqaf (Teupin Wan) dan Habib Abdurrahman bin Muhammad Al-Zahir. Mereka adalah dua “Abdurrahman” yang punya peran besar dalam perang Aceh. Abdurrahman pertama luput dari perhatian, seorang ulama yang memimpin perang selama 38 tahun (1873-1911) sebelum akhirnya syahid terkepung marsose di Gunung Halimon Pidie, tempat dimana Hasan Tiro pada penghujung 1979 memproklamirkan Gerakan Aceh Merdekanya.

Abdurrahman yang kedua menjadi sangat kontroversial, karena sang diplomat asing yang juga sangat menguasai ilmu agama ini selama 14 tahun habis-habisan (1864-1878) membantu Aceh. Namun karena beberapa alasan, ia memilih berhenti terlibat dalam perang yang tidak bisa dimenejnya lalu pulang ke kampung halaman.

Seminar Sejarah “Peranan dan Kontribusi Golongan Sayid dalam Perang Aceh” yang diadakan oleh Lembaga Asyraf Aceh ini (Sabtu 13 Mei 2017, bertempat di Mini Theater gedung PKP2 LAN Banda Aceh) bertujuan mengulas secara detil dua Habib yang memimpin perang di Aceh dengan latar belakang, karakter dan peran berbeda, namun sama-sama punya nama “Abdurrahman.” Masih ada sejarawan yang salah menulis (bercampur data) tentang mereka.

Melihat kontribusi dan pengaruhnya dalam perjuangan kemerdekaan melawan kolonialisme di nusantara, pemerintah patut mempertimbangkan pemberian gelar pahlawan nasional bagi Habib Abdurrahman Teupin Wan.
____________

Materi Seminar (Paper & Powerpoint):

  1. Habib Abdurrahman Teupin Wan: Pahlawan Sejati” (Oleh: Sayed Murtadha/Asyraf Aceh): Paper dan Powerpoint.
  2. “Membaca Ulang Habib Abdurrahman bin Muhammad Alzahir dalam Perang Belanda-Aceh 1978” (Oleh: Haikal Afifa/Institute Peradaban Aceh): Paper dan Powerpoint.

Liputan media:

  1. Serambi Indonesia (Minggu 14 mei 2017): “Habib Abdurrahman Al-Zahir, Diplomat Ulung Kepala Masjid Raya Baiturrahman” http://aceh.tribunnews.com/…/habib-abdurrahman-al-zahir-dip…
  2. Serambi Indonesia (Senin 15 mei 2017):
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s