MELANGKAHLAH KE DALAM-“NYA”

image: Masjid Al-Abrar Lamdingin, Banda Aceh

Melangkahlah Ke Dalam-“Nya”
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Malu juga rasanya, kalau tiba-tiba dalam sebuah perjalanan ingin berhenti di masjid hanya karena ingin buang air besar atau air kecil. Namun kita juga bisa merasa, bahwa khusyuk dua rakaat setelah keterburuan penyaluran kebutuhan kebinatangan itulah yang menentukan kita manusia atau bukan.

Terkadang Tuhan memanggil kita lewat WC dan toiletnya, supaya kita mau singgah ke mihrabnya. Namun sebagian kita hanya berakhir di WC dan toilet Rumah-Nya.

Sesungguhnya Tuhan telah mempersiapkan kita tempat paling suci, tapi terkadang kesadaran kita hanya mampu menjangkau tempat-tempat yang kotor saja. Padahal jarak antara keduanya hanya beberapa hasta. Antara dirimu yang rendah dengan Tuhanmu yang tinggi hanya dibatasi sebuah hijab yang tipis. Melangkahlah ke dalam-Nya!

(Image: ditengah cuaca terik begini, saya menemukan seorang hamba Tuhan terlihat begitu teduhnya menelusuri ayat demi ayat disudut sebuah masjid. Saya yakin, hawa Ramadhan masih melindunginya. Lagi-lagi saya malu).

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s