AHLI DZIKIR

image: Nyakpo Rumoh Raya, semoga menjadi Ahli Dzikir.

Ahli Dzikir
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Apa itu ahli dzikir (ahlu dzikri)? Ahli dzikir bukan orang yang ahli dalam bacaan, atau ahli dalam mengayun-ayun kepala dan badan saat membaca itu semua.

Ahli dzikir adalah mereka yang semua gerak dan bacaan telah membawa mereka sampai ke muka Tuhan. Karena ibadah itu tujuannya memang untuk mencari muka-Nya (Ridha Allah).

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا ۖ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Sesungguhnya aku menghadapkan wajahku kepada Wajahnya yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan” (QS. Al-An’am: 79).

Kalau sudah menemukan Wajah Allah, itu baru “ahli” namanya. Yaitu mengerti dan paham betul bagaimana membawa dirinya sampai kepada tujuan. Kalau sudah demikian baru kita berada pada level “hanif”, yang pada ujung ayat di atas juga dikatakan sebagai telah terbebaskan dari kemusyrikan.

Shalat itu dzikir. Banyak dari kita yang tau apa yang harus dibaca dan melakukan gerakan apa. Namun tak pernah sampai di tujuan. Karena kita kehilangan “ingatan”. Dzikir (shalat) itu “ingat.”

Inilah shalat orang gila. Shalat orang-orang yang kehilangan ingat, atau kehilangan dimensi qalb (batiniah shalat). Tarikat (irfan/tasawuf) itu hadir untuk menyembuhkan penyakit “pungo” (bahasa Aceh: hilang ingat) ini.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aaali Muhammad.*****

Advertisements

1 Comment

  1. Anonymous

    INGAT..!!! PERINTAH DAN LARANGAN NYA.
    Selawat dan Salam.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s