POLA UMUM PERKADERAN: PROFIL (KEPRIBADIAN) KADER

Pola Umum Perkaderan: Profil (Kepribadian) Kader
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Hakikat dari pekerjaan seorang pendidik (trainer) adalah membawa manusia kembali kepada Tuhan. Sebab, setiap individu punya “rasa” (fitrah) itu. Tugas kita berusaha mengaktualkan potensi keimanan tersebut sehingga melahirkan orang-orang yang sikap, perilaku dan keahliannya cenderung digunakan pada kebaikan dan kebenaran (hanif).

Materi “Pola Umum Perkaderan: Profil (Kepribadian) Kader” ini disampaikan pada acara Training for Trainer (TFT) yang dilaksanakan oleh KOHATI BADKO HMI Aceh, di Wisma Handayani Banda Aceh, Senin 7 Mei 2018. Berikut testimoni peserta terkait materi yang disampaikan:

“Cara kanda Said Muniruddin sampaikan mudah dipahami” – Ananda Ummah, Banda Aceh.

“Materi yang kanda sampaikan sangat luar biasa, dengan cara mengingat Allah. Malam ini kami termotivasi untuk memulai sebuah forum belajar dengan istighfar” – Wiwin, Lhokseumawe.

“Disini saya bukan hanya mengetahui inti materi, tetapi lebih merasa dekat kepada Sang Pencipta. Cara penyampaiannya sederhana, tetapi sangat tajam. Jujur, ini baru pertama kalinya saya meneteskan air mata pada penyampaian sebuah materi. Selama mengikuti berbagai training di HMI, baru kali ini pematerinya luar biasa” – Helna M, Namlea, Maluku.

“Hari ini kami mengetahui bagaimana sebenarnya cara mengelola atau mengajar kader terutama basic training yang sesuai dengan pedoman dan makna kader, dari pembuktian nilai kognitif, afektif dan psikomotorik” – Ria Maulida, Langsa.

“Materinya keren, bawaannya santai dan kita pahami. Walaupun kupasannya tidak terlalu panjang, namun inti dari nilai-nilai ketuhanan yang kanda berikan berbeda dengan yang lain. Ini menjadi ciri khas kanda sewaktu menyampaikan materi selalu diiringi musik dan zikir” Mulyana, Banda Aceh.

“Materi yang kanda berikan ini sangat penting bagi saya untuk mendalami ilmu dunia dan akhirat. Dengan adanya kanda di forum malam, wawasan saya menjadi lebih terbuka dan semakin ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Luar biasa!” – Ayunika, Lhokseumawe.

“Materi yang Kanda sampaikan sangat menarik dan mudah di pahami, singkat, padat dan jelas. Akan tetapi kanda tidak menjelaskan seluruh hal yang ada di powerpoint. Jadi saya pribadi merasa kurang cukup” – Dhinar Sari, Banda Aceh.

“Konsep tentang pola perkaderan yang abang sampaikan sangat berbeda dengan yang sudah saya dengar atau baca selama ini, melalui perspektif yang begitu unik terkait kognitif (ilmu), afektif (iman) dan psikomotorik (amal)” – Bella Elpira, Banda Aceh.

“Salah satu impian saya mengikuti training HMI ini adalah karena pematerinya kanda Said Muniruddin. Alhamdulillah tercapai meskipun masih belum puas karena keterbatasan waktu. Masih banyak ilmu yang belum kanda salurkan kepada kami” – Yesi Fitriani, Takengon.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s