BAYI BERUSIA 10 BULAN SUJUD DI FORUM TRAINING HMI

image: Basic Training HMI Komisariat Persiapan FISIP UIN Arraniry (12 Oktober 2018).

BAYI BERUSIA 10 BULAN SUJUD DI FORUM TRAINING HMI

BPL HMI CABANG BANDA ACEH | Fenomena langka ini terjadi saat pelaksanaan LK-1 HMI Komisariat Persiapan FISIP UIN Arraniry, Banda Aceh (Jum’at, 12/10/2018). Basic training yang diikuti 50 orang peserta tersebut dilaksanakan di lantai 2 Aula Insan Cita HMI Cabang Banda Aceh, Neusu Jaya.

Saat itu kanda Said Muniruddin sedang menyampaikan materi Nilai-Nilai Dasar Perjuangan (NDP-HMI). Disela-sela materi yang bernuansa filosofis dan spiritual itulah beliau mengarahkan para peserta untuk melakukan sujud ke lantai sambil bertasbih.

Simulasi bentuk-bentuk kepasrahan kepada Allah seperti ini, termasuk zikir dan shalawat, sering beliau terapkan dalam training-training HMI. Kanda Said Muniruddin merupakan salah satu trainer NDP nasional dan juga penulis kitab “Bintang ‘Arasy”.

Di saat itulah, tiba-tiba seorang bayi yang ada dalam gendongan ibunya meronta-ronta ingin turun ke lantai. Dipinggir ruangan memang terlihat ada sejumlah alumni, panitia dan pengurus cabang yang ikut menyimak materi yang berdurasi 2 jam pada malam bakda Isya itu.

Bayi yang kemudian diketahui bernama Syarifah Fathimah ini dibawa ke acara training oleh ibunya. Disaat melihat para peserta sedang sujud ke lantai, si bayi bergerak-gerak dalam pangkuan ibunya minta diturunkan ke lantai.

Setelah diturunkan, perlahan ia merangkak ke barisan peserta. Lalu ia pun bersujud bersama mereka, sambil sesekali menoleh ke arah peserta lainnya. Ia terus bersujud selama sekitar 1 menit, dan bahkan masih tetap bersujud ketika peserta lainnya sudah bangun.

Sujud dan tasbih merupakan pekerjaan malaikat. Malaikat merupakan makhluk yang sangat logis. Merekalah yang habis-habisan “mengkritisi” Tuhan saat Dia menciptakan manusia (QS. Al-Baqarah: 30). Tetapi mereka pula yang bersedia “sujud” kepada manusia (QS. Al-Baqarah: 34).

Dari merekalah kita belajar, bahwa puncak dari segala kecerdasan adalah menanggalkan logika, dan “patuh” kepada Tuhan. Itulah Islam, sebuah sistem akhlak yang membawa pengetahuan sampai ke relung qalbu.

Spirit sufistik dari dunia malakut ini sejatinya juga menjadi pembentuk perilaku intelektual dan keislaman kita. Terima kasih Fathimah, malaikat kecil yang ikut bersujud di forum HMI.*****

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s