KLARIFIKASI PUISI “BUBARNYA AGAMA”

Klarifikasi Puisi “Bubarnya Agama”

BANDA ACEH | Berikut klarifikasi terkait puisi “Bubarnya Agama”:

  1. Said Muniruddin adalah penulis puisi “BUBARNYA AGAMA”. Diposting untuk pertama kali pada 16 Maret 2020 di  https://saidmuniruddin.com/2020/03/16/bubarnya-agama/. Videonya dapat diakses di https://youtu.be/T3sCMBFAxms.
  2. Puisi “BUBARNYA AGAMA” telah diposting di berbagai media dan dibaca oleh sejumlah sastrawan: https://youtu.be/4cfHmc9TT2A (Fachrurozi Ramli); https://youtu.be/XKYP7bzO4rY (Tio Rivaldi); https://youtu.be/OD0Xq4E6SnE (Firman Kui); https://youtu.be/vsTb60FsuG4 (Inspirasi News); https://youtu.be/V0q8ifQzwus (L.A. Rahmawati); https://youtu.be/el9_mEE3nmE (Mukidi); https://youtu.be/CA-ShFeKmUg (Supriadi Daysin); https://youtu.be/jE5yAPS79PQ (Armita Channel); https://youtu.be/8KdYwltREuY (Tri Dodot); https://youtu.be/RKImhWsxLMA (Arum Sutrisno); https://youtu.be/zlReyVMB0V0 (Inspireindo Malang); https://youtu.be/8O0tuZtBmo8 (Aku Santri Official); https://youtu.be/sKFaf-U-3GU (Aryanda Putra); dan lainnya.
  3. Masih dalam konten aslinya, beberapa penyair menggunakan nama Gus Mus sebagai pengarangnya, seperti: https://youtu.be/rTgaa7I5UIg (Habib Ahmad bin Hasan Alaydrus); https://youtu.be/U6ARiK6ctGU (Irsan Tomake); https://youtu.be/XLhAbNnRQdg (Pangeran Pancasari); dan beberapa lainnya. Kami menduga, kesalahan ini terjadi karena ada yang nakal merubah nama pengarang, dan mencatut nama Gus Mus, pada saat puisi ini beredar.
  4. Puisi “BUBARNYA AGAMA” juga banyak disadur dalam berbagai versi dan perspektif agama, dengan perubahan narasi serta judul (i.e. “Tuhan Mengajarkan melalui Corona”) dengan menggunakan nama pengarang baik Said Muniruddin, K.H Ahmad Mustofa Bisri dan lainnya: https://youtu.be/8EfwOQNfkwQ (Lentera 99); https://youtu.be/U6ARiK6ctGU (Indah Masdar); https://youtu.be/dFzm7IfNJ_Q (Hikma Waty); dan lainnya.
  5. Kementerian komunikasi dan Informatika (KOMINFO) mengklarifikasi bahwa puisi yang viral berjudul “BUBARNYA AGAMA” bukan ditulis oleh KH. Ahmad Mustofa Bisri https://kominfo.go.id/content/detail/25216/hoaks-puisi-bubarnya-agama-gus-mus/0/laporan_isu_hoaks
  6. Anak K.H Ahmad Mustofa Bisri, Ienas Tsuroiya, juga mengklarifikasi terkait puisi “BUBARNYA AGAMA” atau yang sejenis dalam akun FB-nya https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10158420637834396&id=531559395
  7. Perdebatan pengarang puisi “BUBARNYA AGAMA” juga terjadi pada akun twitter Ulil Abshar Abdalla https://mobile.twitter.com/ulil/status/1240483257990275072
  8. Puisi-puisi Said Muniruddin lainnya dapat dibaca di https://saidmuniruddin.com/list-of-poems/.
  9. Artikel-artikel sufistik Said Muniruddin juga dapat diakses di https://saidmuniruddin.com/list-of-articles/
  10. Sementara video-video edukasional lainnya dapat diakses di https://www.youtube.com/channel/UCN52p5czSHk80sCTPTGQePg.

Kami menyampaikan terima kasih atas apresiasi kita semua terhadap puisi tersebut. Semoga Allah senantiasa memberi perlindungan terhadap bangsa ini. “Stay Healthy, Stay Happy”.

Salam,
www.saidmuniruddin.com
The Zawiyah for Spiritual Leadership

Next Post

RE-UNITED!

Fri Mar 27 , 2020

Kajian Lainnya