PENTINGNYA MENG-UPGRADE GURU

Pentingnya Meng-Upgrade Guru
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Untuk sampai kepada tahap PENYAKSIAN bahwa Allah itu ada, kita harus sampai pada kemampuan untuk melihat dan merasakan bahwa Allah itu maha hidup dan nyata. Begitu juga untuk sampai pada PENYAKSIAN bahwa Muhammad Rasulullah itu ada, kita harus sampai pada kemampuan untuk melihat dan merasakan bahwa Rasulullah itu hidup, tidak lagi tersembunyi, dan Dia bisa hadir kapan saja.

Yang dikatakan sebagai KESAKSIAN adalah, memiliki pengetahuan bahwa Allah dan Rasul bukan lagi figur dalam cerita, dalam kitab, dalam tulisan dan sejarah. Dia dapat ditemukan di dunia nyata, kapan saja. Jadi, SYAHADAT itu mengalami perjumpaan, bukan sekedar tau konsep dan nama karena banyak menghafal dan membaca.

Dengan demikian, tugas paling menantang dalam beragama, adalah meng-upgrade diri dalam ber-Tuhan. Dari level mendengar dan membaca, ke level berjumpa. Dari mengkaji, ke mengalami. Dalam hal ini, kita perlu meng-upgrade guru, dari seorang ustad ke waliyullah. Dari seorang yang menceramahi, ke seorang yang membawa kita terbang ke sisi-Nya. Sebab, beragama itu mengikuti jalan para nabi, yang punya pengalaman ber-Tuhan secara hakiki.

Selamat Hari Guru!

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****
___________________
saidmuniruddin.com
The Zawiyah for Spiritual Leadership

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s