EKONOMI AHLI KITAB

Ekonomi Ahli Kitab
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Apa yang kita maksud sebagai Ekonomi Islam, sebenarnya bukanlah Ekonomi Islam (dalam artian dibimbing “langsung” oleh Wahyu/Tuhan). Tapi lebih kepada ekonomi Ahli Kitab. Yaitu, ekonomi yang didasari kepada penafsiran terhadap isi kitab. Akal kita yang menentukan kesimpulan akhir dari tata cara berekonomi, bukan (ilham) Tuhan.

Tapi bukan berarti menjadi Ahli Kitab itu salah. Bagus. Itu bagus. Karena kita sudah memiliki sebuah referensi yang sangat bagus. Kitab itupun sebenarnya beragam. Mulai dari kitab suci sampai kepada kitab tidak suci (termasuk jurnal). Sejak dulu memang tidak ada yang meragukan kecerdasan para ahli kitab. Tapi seringkali semua itu butuh tafsir, uraian, penjelasan, kajian, dan pemahaman. Disinilah masuk unsur-unsur diri. Sehingga sering lari dari maksud-maksud aktual yang diinginkan Tuhan. Sudah pasti mengalami deviasi dalam aneka ragam pemikiran. Sehingga, untuk meluruskannya, kita harus “kembali kepada jiwa Tuhan.”

Sehingga diperlukan kemampuan berkomunikasi dengan Tuhan untuk meng-up grade keyakinan dan praktik-praktik ekonomi anda sebagai Ahli Kitab, agar keputusan-keputusan ekonomi didekte secara langsung oleh Tuhan. Itulah relevansi diutus para Utusan (rasul), untuk mengkoreksi para Ahli Kitab yang sudah begitu larut dengan akalnya, namun selalu mengatasnamakan Tuhan.

Anda harus menjadi ‘Utusan Tuhan’, untuk menjadi ahli ekonomi Islam. Kalau tidak, berarti kita ini masih sebatas ekonom Ahli Kitab. Jadi, tugas kita sekarang sebenarnya sederhana, mengenal Tuhan. Lalu kembali berbicara dengan-Nya. Biarkan Dia sendiri yang kemudian men-drive semua motif dan gerak ekonomi kita.

Tulisan ini terkesan utopis. Tapi, kalau bukan kembali kepada Tuhan, kemana lagi, coba?

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by PEMUDA SUFI
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG: @saidmuniruddin

One thought on “EKONOMI AHLI KITAB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s