MERAJUK

Merajuk
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Apakah Allah mendengar doa orang-orang kafir? Apakah Allah mengabulkan doa-doa orang jahat? Apakah Allah menerima permohonan para munafiqun, dhalimun, murtaddun?

Iya! Dia itu Tuhan bagi semua. Ia mendengar. Ia Maha Mengabulkan. Doa iblis sekalipun, Dia penuhi. Jangan pernah merasa bahwa Allah itu Tuhan milik anda saja. Dia itu Tuhan bagi semua. Tuhannya para nabi. Tuhan semua agama. Tuhannya iblis.

Suatu ketika Iblis berdoa:

قَالَ أَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

..”Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan” (QS. Al-A’Raf: 14).

Allah mengabulkannya:

قَالَ اِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِيْنَ

..“Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi penangguhan waktu” (QS. Al-A’Raf: 15).

Makanya, jangan malas berdoa. Minta. Jangan kalah sama iblis. Sampai-sampai, salah satu cucu Nabi SAW -Imam Ali Zainal Abidin atau dikenal Imam Sajjad (terkenal sebagai ahli sujud dan berdoa), dalam sebuah munajatnya ‘menggelitik’ Tuhan:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu dengan Nama-Mu yang tersimpan, Yang Suci lagi Disucikan. Wahai yang menjawab makhluk yang paling Engkau benci, ketika makhluk tersebut berkata: “Tangguhkanlah waktu bagiku sampai hari kebangkitan”, sementara keadaanku tidak lebih buruk darinya, yaitu iblis; dalam apa-apa yang aku minta. Maka ijabahlah apa-apa yang aku minta darimu” (Iqbal Al-A’mal 1/303).

Kalau doa-doa anda sudah tidak makbul, jangan sungkan-sungkan untuk mengingatkan Allah: “Kok permohonan iblis engkau kabulkan, masa aku tidak?”. Atau, “Engkau katakan, berdoalah! Pasti kukabulkan”. Lha, buktinya mana? Kabulkan dong!

Dalam berdoa, ini disebut teknik “merajuk”.

Tapi, kalau sudah penat berdoa tidak makbul-makbul juga, segera evaluasi diri. Jangan-jangan kualitas kita sudah lebih buruk dari Iblis.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by PEMUDA SUFI
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG: @saidmuniruddin

Next Post

SUFISTIC CASHFLOW QUADRANT

Sun May 9 , 2021
Sufistic […]

Kajian Lainnya