MENGINGAT ALLAH


“Jurnal Tasawuf Akhir Zaman” | PEMUDA SUFI | Artikel No.55 | Agustus 2021


MENGINGAT ALLAH
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Apa yang dimaksud dengan mengingat Allah? Pernahkan anda bertemu Allah, lalu setelah itu mampu mengingatnya?

Kalau tiba-tiba anda bertemu seorang gadis cantik, kemudian berpisah, anda mampu mengingatnya. Mampu mengingat wajahnya. Matanya. Pipinya. Senyumnya. Suaranya.

Nah, kalau Allah, apanya yang anda ingat?

Ada orang yang saat mengingat Allah, berusaha mengingat tulisan (kaligrafi) Allah. Apakah tulisan itu betul Allah? Apakah itu tidak musyrik, menjadikan tulisan sebagai sekutu dalam ingatan kepada Allah?

Ada yang saat mengingat Allah berusaha mengingat segala ciptaan Allah. Langit, bumi beserta segala isinya dibawa dalam ingatan, seolah-olah sedang mengingat Allah. Apakah ciptaan Allah itu adalah Allah? Apakah itu tidak menjadi pagan, menjadikan objek-objek material di alam semesta sebagai wujud ingat kepada Allah?

Ada juga yang memandang bangunan Kakbah, patung Budha dan Yesus; sebagai bentuk ingat kepada Allah. Tidakkah ini juga musyrik?

Ada juga orang yang mengosongkan pikiran dari segala sesuatu guna mengingat Allah. Lalu, kalau sudah kosong, apakah itu mengingat Allah? Apakah Allah itu sebuah ruang kosong?

Lalu, yang disebut mengingat Allah itu apa? Apanya Allah yang di ingat? Bisakah anda mengingat-Nya, kalau belum pernah bertemu?

Saya khawatir, kita memang butuh sesuatu yang “bukan” Allah untuk mengingat Allah. Haruskah kita sebut ini sebagai washilah? Sebuah unsur ‘musyrik’ yang membawa kita kepada ingat Allah.

 .. اذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ

Maka, ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu…” (QS. Al-Baqarah :152)

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG: @saidmuniruddin

One thought on “MENGINGAT ALLAH

  1. Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

Comments are closed.

Next Post

HIJRAH, DARI MASJID KE WARUNG KOPI

Tue Aug 10 , 2021
“Jurnal […]

Kajian Lainnya