SUFI SUKSES DAN KAYA RAYA


“Jurnal Tasawuf Akhir Zaman” | PEMUDA SUFI | Artikel No.79 | November 2021


SUFI SUKSES DAN KAYA RAYA
Oleh Said Muniruddin |  Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

Namanya Safwan. Beliau pernah menjadi salah satu Darvish (Darwis), “sufi yang berputar.” Berbeda dengan Darwis-nya Jalaluddin Rumi yang di Turki sana, yang berputar-putar penuh seni pada porosnya, dengan baju kembang dan peci menjulang; kami sebaliknya. Baju kami biasa saja. Berputar-putar juga, tapi dari satu warung kopi ke warung kopi lainnya. Kalau sudah pusing baru pulang.

Kemarin sore, Bang Safwan bersama anaknya hadir ke Rumah Allah. Menjelang malam, ia buru-buru pamit pulang. Katanya mau antar anak mengaji ke teungku di  rumah sebelah. Begitulah sufi yang satu ini. Anaknya sudah sampai di rumah Allah,  malah dibawanya pulang. Katanya, biar nanti anaknya dekat dengan Allah. Padahal sudah berada di rumah Allah, kok malah dibawa pulang. Apa tidak bertambah jauh itu?

Bang Safwan ini termasuk orang yang perjuangan hidupnya sangat dahsyat. Kalau hidup di jaman Bani Israil, mungkin sudah jadi nabi ia. Ujiannya berat sekali. Tiga kali caleg kota Banda Aceh. Gagal. Pernah suatu kali, di dusunnya, suaranya hanya satu. Mungkin cuma beliau yang memilih dirinya sendiri. Istri dan anak-anaknya jangan-jangan malah milih orang lain. Ini mau mencalonkan diri lagi. Tingkat provinsi.

Suatu ketika bang Safwan menerangkan, “Sekolah itu ada dua. Pertama “sekolah formal”. Di sekolah ini, kita dikasih pelajaran terlebih dahulu, baru kemudian diuji. Itu sekolah biasa. Sekolah anak-anak. Yang kedua namanya “sekolah alam”. Ini sekolah orang dewasa. Kita diuji dulu, baru kemudian bisa kita ambil pelajarannya. Itulah sekolah kalian sekarang. Gurunya langsung Tuhan”, kata bang Safwan kepada kami. “Kalau saya masuk kategori sekolah ketiga”, ia menambahkan. “Seumur hidup saya diuji terus, dan sampai sekarang tidak tau apa pelajarannya. Saya tidak tau, sekolah apa ini”, kata beliau sambil tertawa.

Tapi ada bocoran dari langit, tahun 2025, bang Safwan yang lagi sekolah doktor ini akan jadi seorang sufi sukses lagi kaya raya. Pagi ini kami duduk ngopi, merayakan kesuksesan yang sudah menunggu.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

One thought on “SUFI SUKSES DAN KAYA RAYA

  1. Your article made me suddenly realize that I am writing a thesis on gate.io. After reading your article, I have a different way of thinking, thank you. However, I still have some doubts, can you help me? Thanks.

Comments are closed.

Next Post

MENGAPA PARA NABI SELALU BERTAUBAT, APA DOSANYA?

Mon Nov 8 , 2021
“Jurnal […]

Kajian Lainnya