MURSYID ITU APA?


“Jurnal Pemuda Sufi” | Artikel No. 06 | Januari 2022


MURSYID ITU APA?
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. “Mursyid” (QS. Al-Kahfi: 17) adalah orang yang bisa melihat dan menyembuhkan. Seorang dokter ahli, spesialis jiwa. Orang yang bisa melihat ke dalam diri sang murid.

Mursyid tau noda-noda apa yang melekat dalam diri murid, tanpa si murid perlu berbicara. Ia tau isi hati sang murid, tanpa si murid perlu mengatakannya. Ia tau apa saja yang baru dikerjakan si murid, tanpa ada yang melaporkannya. Itu mursyid. Orang yang sudah fana dan baqa bersama Allah. Orang yang Allah telah mendengar melalui telinga-Nya, melihat melalui mata-Nya, serta berbuat melalui tangan dan kaki-Nya (Hadis Qudsi).

Kalau ada orang yang disebut sebagai mursyid tetapi tidak punya kemampuan seperti itu, secara adab itu sebenarnya belum menjadi mursyid. Itu hanya sebatas guru, yang mungkin secara adat telah dimursyidkan.

Ada perbedaan antara guru dengan mursyid. Guru itu kecerdasan alami manusia. Bisa jadi otaknya cerdas, karena rajin belajar dan membaca. Sedangkan mursyid; itu kecerdasan laduni. Ia membawa Ruhani Rasulullah. Hakikat ruhaninya adalah Cahaya Allah (entitas wahyu), bukan lagi sekedar manusia biasa (basyar).

Mursyid merupakan personalitas dari yang Maha Kuasa, manifestasi dari Asma, mukjizat yang melekat dalam diri seorang kekasih-Nya. Yang dengan itu ia mampu memberi syafaat (QS. Al-Baqarah: 255), mampu memohon ampun atas sekalian dosa dan kezaliman kita (QS. An-Nisa: 64), mampu menyucikan jiwa; membenam kalimah, kitab dan hikmah dalam diri kita (QS. Aali Imran: 164).

Guru banyak sekali. Tapi mursyid, itu sangat langka. Sebab, mursyid adalah seorang wali, seorang pembantu/penolong Allah; entitas sanad kerasulan yang terus terwarisi, dan hadir pada setiap bangsa (QS. At-Taubah: 128).

Beragama dengan guru, anda akan ditunjukkan dalil-dalilnya. Beragama dengan mursyid, anda akan diperjumpakan dengan berbagai mukjizat dan kebesaran Allah Ta’ala. Jika ingin sempurna; carilah guru, yang mursyid. Karena mereka adalah tangan-tangan al-mahdi, para pemberi petunjuk di sepanjang masa. Berguru dengan mereka, seolah-olah Allah langsung yang mengajari anda.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

2 thoughts on “MURSYID ITU APA?

Comments are closed.

Next Post

SYARIAT ISLAM, SYARIAT CINA

Thu Feb 3 , 2022
“Jurnal […]

Kajian Lainnya