KAPAN NABI MULAI MELAKSANAKAN SHOLAT?


“Jurnal Pemuda Sufi” | Artikel No. 11 | Februari 2022


KAPAN NABI MULAI MELAKSANAKAN SHOLAT?
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Diriwayatkan, saat berada di Masjidil Aqsha sebelum naik ke langit untuk menerima perintah sholat, Nabi SAW mengimami sholat yang diikuti oleh para nabi.

Lho?! Kok bisa Nabi sudah menjalankan ibadah shalat sebelum terjadinya peristiwa mikraj? Apakah Nabi sudah melakukan sholat, bahkan menjadi imam sholat, jauh sebelum turun perintah sholat?

Jika sebelum bertemu Allah Nabi sudah melakukan sholat, sejak kapan persisnya Nabi sudah melaksanakan ibadah sholat dan bahkan begitu percaya diri untuk menjadi imam sholat?

Jika sebelum peristiwa Israk Mikraj Beliau sudah mahir sholat, lalu darimana Beliau belajar sholat? Siapa yang memerintahkan Beliau untuk sholat? Sholat siapa yang Beliau tiru? Kitab apa yang Beliau baca agar tau tata cara sholat? Atau siapa orang/guru yang mengajari Beliau terkait teknis, bacaan dan fasahah sholat?

Kalau sejak awal sudah melaksanakan sholat, terus kenapa harus naik ke langit lagi untuk menerima perintah sholat? Kalau sejak awal kenabian (atau mungkin sejak kecil) sudah melaksanakan sholat, itu atas perintah siapa?

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web:
 saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

Next Post

WAHYU AKTIF DAN WAHYU PASIF

Tue Mar 1 , 2022
“Jurnal […]

Kajian Lainnya