ADAB MENYAMBUT SUAMI YANG PULANG DARI MUJAHADAH SPIRITUAL


“Jurnal Pemuda Sufi” | Artikel No. 21 | April 2022


ADAB MENYAMBUT SUAMI YANG PULANG DARI MUJAHADAH SPIRITUAL
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Seorang suami yang pulang dari perjalanan mujahadah spiritual biasanya akan membawa serta rahmat dan cinta. Berikut beberapa adab untuk menyambutnya.

1. ISTRI BERADA DI RUMAH. Saat suami tiba di rumah, istri harus ada di rumah menunggu suaminya tiba. Jangan sampai tidak ada di rumah bahkan suami tidak tau istrinya ada dimana. Kalaupun istri ada di jalan/disuatu tempat, segera pulang dan jangan sampai suami mendahului istri tiba di rumah.

2. MENYAMBUT SUAMI DENGAN RASA RINDU PENUH CINTA. Suami disambut dengan senyum, bukan dengan wajah datar tanpa ekspresi. Apalagi dengan marah-marah. Cium tangannya berkali-kali. Bila perlu peluk dia sejenak dengan penuh rasa rindu.

3. MEMBANTU MENGAMBIL/MENGANGKAT BARANG-BARANG BAWAAN SUAMI DAN MERAPIKAN PADA TEMPATNYA. Suami senang jika barang-barang yang ia bawa pulang, kecuali yang berat-berat, dibantu angkat dan rapikan oleh istri.

4. RUMAH DALAM KEADAAN BERSIH DAN WANGI. Saat suami tiba, kamar tidur sudah bersih. Seprei sudah diganti. Kamar mandi juga bersih. Rumah sudah diberi wewangian. Harum.

5. ISTRI JUGA BERSIH, RAPI DAN WANGI. Selain bersih dan wangi dari ujung rambut sampai ujung kaki, istri juga memakai baju yang bagus dan menyenangkan suami. Jangan sampai saat suami tina, istri masih mandi ataupun belum mandi sama sekali, bau dan acak-acakan. Untuk memperoleh wewangian tubuh terbaik, gunakan Hair Tonik Ramping & Dupa Wewangian Bidadari Syurga(Pesan via Kak Kiki, 082276649123).

6. ANAK-ANAK DITERTIBKAN. Saat suami tiba, anak-anak sudah dikondisikan dalam keadaan tenang. Sudah mandi dan sudah makan. Bila perlu sudah ditidurkan. Jangan sampai saat suami tiba, anak dalam keadaan tidak terurus dan rewel, sehingga sibuk mengurus anak. Pastikan anda lebih peduli pada suami yang baru tiba dari jauh, daripada sibuk mengurusi anak-anak anda. Pastikan suami mendapat perhatian nomor satu.

7. MENYEDIAKAN MAKANAN TERBAIK UNTUK SUAMI. Saat tiba, suami bisa jadi dalam keadaan lapar. Maka disediakan makanan terbaik dan lezat untuknya. Saat tiba juga disuguhkan segelas air hangat, jus ataupun buah-buahan segar.

8. MENJAGA KATA-KATA. Saat menyambut suami, jangan berbicara yang menyakiti hatinya. Misalnya, suami baru tiba langsung disampaikan jumlah hutang yang belum terbayar ataupun masalah-masalah lainnya. Sekecil apapun masalah yang anda beritahukan, itu akan mengganggu mood-nya. Jikapun ada masalah, sampaikan itu ketika situasi sudah normal atau suami sudah bangun dari istirahatnya.

9. DAMPINGI SUAMI SAMPAI IA ISTIRAHAT. Pastikan anda melayani suami secara maksimal. Jangan sibuk dengan urusan lain. Bukakan bajunya. Siapkan alat mandi dan baju ganti. Urut badannya. Dampingi sampai ia benar-benar terlelap dalam istirahat. Lakukan semua hal terbaik yang anda bisa, khususnya ketika ia bertanya: “Anak-anak sudah tidur?” Anda pasti paham maksudnya apa🥰.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

___________________

SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web:
 saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s