SULUK (IKTIKAF TERFOKUS)


“Jurnal Pemuda Sufi” | Artikel No. 25 | April 2022


SULUK (IKTIKAF TERFOKUS)
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Suluk adalah tradisi paling tua dalam Islam. Di Aceh dan banyak tempat di Nusantara, populer sekali akan hal ini, dan menjadi tradisi orang tua kita terdahulu. Karena para nabi dan orang shaleh pun telah terlebih dahulu mempraktikkan proses “inkubasi spiritual” ini, baik di gua yang sempit (seperti Hirak) ataupun ruang-ruang privat lainnya (i.e. kamar, kelambu, dsb).

Tapi belakangan muncul kelompok-kelompok radikal, yang memandang ini bid’ah. Padahal, suluk/khalwat adalah sebuah bentuk ritual ibadah menyebabkan seorang Muhammad diangkat menjadi nabi. Entah apa yang dinikmati Muhammad SAW saat berulangkali menyepi di gua Hirak, atau pada waktu lain ketika mengunci diri dalam kelambu suluk dan mengasingkan jiwanya dari keramaian.

Yang jelas patut dicoba, khususnya bagi yang ingin berubah dan tertantang untuk mendalami dunia zikir terfokus. Seperti kata Bang Zulfikar Lidan di video ini: “Suluk ini hanya untuk mereka yang suka tantangan dan perubahan. Bagi yang tidak suka, sebaiknya tinggal di rumah saja”.

Video ini berisi wajah-wajah bahagia setelah menempuh mujahadah besar. Namun, mukadimah di awal video telah membuat teman-teman yang kaku dalam beragama, sedikit goyang. Karena ada kata perjalanan ke Sidratul Muntaha dan Langit ke-7. Padahal, itu kalimat maknawi, sangat mutasyabihat. Bukan untuk dipahami secara literal.

Banyak orang yang tertarik dengan dunia zikir setelah melihat video ini. Tapi ada juga yang secara sengaja mengambil potongan tertentu dari video, untuk kemudian disebar sebagai fitnah. Perilaku seperti itu bisa dilaporkan ke polisi untuk dikenakan pasal UU ITE. Semoga semua kita senantiasa diberi petunjuk oleh Allah SWT, untuk menyelami Quran sebagai “Az-zikr”.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: 
https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web:
 saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

Next Post

KHANDURI THON (KHAUL)

Fri Apr 29 , 2022
“Jurnal […]

Kajian Lainnya