Munajat Qurani

MUNAJAT QURANI
Oleh: Said Muniruddin I Dewan Hakim MTQ Aceh

Ya Allah…
MTQ telah usai, bantulah kami, agar Al-Quran melampaui perlombaan. Jadikan Al-Quran bagi kami sebagai ”cahaya”, yang menerangi jalan kehidupan. Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat. Jalannya para nabi, auliya, syuhada was-shalihin.

Ya Allah…
MTQ telah selesai. Ada yang menang. Ada yang kalah. Bukan. Bukan itu intinya!

Hakikat pencarian kami bukanlah piala atau hadiah, yang sangat sedikit dan pasti musnah. Bukan pula prestise lain yang bernilai sangat rendah. Engkaulah yang kami tuju. Kecintaan dan Ridha-MU.

Sebab,
Bagaimana mungkin kami menukar ayat-ayat MU dengan dunia yang fana. Bagaimana mungkin kami mengalun-alunkan ayat, memperkuat hafalan dan memperhalus tulisan, kalau hanya untuk memperoleh tepuk tangan.

Kami hanya ingin dekat dengan-MU ya Allah. Kami ingin Engkau selalu hadir dalam nafas dan gerak kami.

***
Kami mengerti ya Allah, sesungguhnya: Al-Quran bukanlah apa yang kami baca. Al-Quran bukanlah apa yang kami hafal, Al-Quran bukanlah apa yang kami tulis.

Al-Quran adalah apa-apa yang dari semua itu: Membentuk cara berfikir, memperindah perilaku, dan membangun peradaban di negeri ini.

Bukankah Nabi Mu bersabda: “Tidak diutus orang-orang seperti aku, melainkan untuk mempertinggi akhlak”.

***
Ya Allah…
MTQ telah selesai. Bantulah kami agar ayat-ayat Mu tidak terhenti di tenggorokan, tidak terbingkai hanya dalam tulisan, tidak menggema hanya di mimbar-mimbar pertunjukan.

Ya Allah…
Bimbinglah kami, agar ayat-ayat Mu tercermin dalam tingkah adil para pemimpin negeri. Terbentuk dalam karakter rakyat Aceh yang jujur dan rajin. Menjelma dalam kehidupan bangsa Indonesia yang cerdas dan disiplin.

***
Ya Allah…
Ampuni jika kami terlalu riya’. Semua gegap gempita ini kami sajikan sebagai bagian dari menyanjung-Mu. Semua seni dan kemegahan MTQ ini kami persembahkan sebagai rasa syukur kepada-MU.

Kami mohon ampun ya Allah; jika ada kesalahan dalam membaca, menghafal dan menulis ayat-ayat MU. Kami memohon ampun ya Allah, jika ada kurang atau lebih dalam melakukan penghakiman. Kami mohon ampun ya Allah, jika ada ketidaksempurnaan dalam melayani tamu dan undangan.

Ya Allah…
Terimalah apa-apa yang sedikit dari kami. Terimalah ikhtiar kami selama MTQ. Terima kasih telah mempertemukan kami karena Al-Quran. Pertemukan kami kembali pada MTQ yang akan datang. Semoga Engkau karuniai kami generasi, yang akan terus merawat ketinggian seni Al-Quran.

Demi haknya Muhammad,
Demi haknya Keluarga Muhammad,
Demi haknya Al-Quran dan Ahlu Quran.

Ampuni kami ya Allah,
Ampuni kami…
____________
Lapangan Sengeda, Arena Utama MTQ Aceh XXXV, Bener Meriah: 24 Juni 2022 (https://www.youtube.com/watch?v=ipLqnCZyy74&t=630s)