BUNUHLAH DIRIMU


“Jurnal Pemuda Sufi” | Artikel No. 50 | Juli 2022


BUNUHLAH DIRI-MU
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Bunuhlah “diri”-mu, maka akan aktual “DIRI”-mu. Ketika hanya “diri”-mu yang hidup, “DIRI”-mu akan mati. Sebaliknya, “DIRI”-mu akan menjadi ada, manakala “diri”-mu sudah tiada. Dibalik “diri”-mu, ada “DIRI”-mu. Siapa yang mengenal “diri”, maka ia akan mengenal “DIRI”.

Ketahuilah, “diri”-mu adalah jasadmu, egomu, nafsumu, akalmu dan semua yang baharu. Sementara “DIRI”-mu adalah kesejatianmu, ruhmu, Tuhanmu. Manusia adalah makhluk dua diri: “aku” dan “AKU”. AKU merupakan wujud batiniah “DIRI” Tuhanmu, yang bersemayam dibalik wujud zahir “diri”-mu.

Ketahuilah, “aku” adalah tuhan yang harus kau rubuhkan. “Diri” yang harus kau binasakan. Patung yang harus kau hancurkan. Ilah yang mesti kau nafikan. Sapi yang harus kau sembelih. Ketika berhasil meniadakan “diri”-mu, engkau akan terlepas dari kezaliman (dhulum, kegelapan).  Dengan cara itu engkau akan masuk ke alam yang terang, alam ke-Tuhan-an, yang penuh limpahan kasih dan sayang.

Maka bertaubatlah. Matikan “diri”-mu sebelum engkau mati. Seperti kata Nabi SAW, musuh terbesarmu adalah “diri”-mu. Tempat berkumpul dosa-dosamu. Maka kalahkan, bunuhlah dirimu, agar hadir Tuhanmu:

وَاِذْ قَالَ مُوْسٰى لِقَوْمِهٖ يٰقَوْمِ اِنَّكُمْ ظَلَمْتُمْ اَنْفُسَكُمْ بِاتِّخَاذِكُمُ الْعِجْلَ فَتُوْبُوْٓا اِلٰى بَارِىِٕكُمْ فَاقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ عِنْدَ بَارِىِٕكُمْۗ فَتَابَ عَلَيْكُمْۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

“Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Kamu benar-benar telah menzalimi dirimu sendiri dengan menjadikan (patung) anak sapi (sebagai sesembahan), karena itu bertobatlah kepada Penciptamu dan BUNUHLAH DIRIMU. Itu lebih baik bagimu di sisi Penciptamu. Dia akan menerima tobatmu. Sungguh, Dia-lah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang” (QS. Al-Baqarah: 54)

BACA JUGA: “Mati Dulu, Baru Muslim” , “Cinta Harus Membunuh”, “Mati, Pengosongan Diri dan Perjumpaan dengan Allah”

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web:
 saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s