PEMILU 2024, DAMAILAH KALIAN!

“Jurnal Suficademic” | Artikel No. 90 | Oktober 2022

PEMILU 2024, DAMAILAH KALIAN!
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM.

Wahai para pecinta demokrasi, yang muncul 5 tahun sekali, untuk membuat rusuh di negeri ini. Usunglah presiden kalian, seolah-olah dia tidak berdosa, tidak bercela walau seujung kuku. Siapa dia; Prabowo, Ganjar, Anies? Siapa orang suci kalian itu?

Lalu siapa yang kalian anggap setan? Serang. Seolah-olah mereka iblis komunis, atau nasionalis kafiris, atau arab fanatis, atau islam fundamentalis. Cercalah calon presiden yang tak kau suka. Seolah-olah mereka itu drakula bertaring buaya, yang akan menghisap darah sampai ke ubun-ubun kalian semua.

Wahai pemuja Pemilu, tikamlah saudaramu. Dengan kampret. Dengan cebong. Dengan kadrun. Dengan buzzer. Dengan komunis. Dengan apapun yang menghinakannya. Basahi lidahmu dengan segala bentuk curiga, sampai engkau puas dalam dada.

Demokrasi yang sakral telah berubah menjadi pesta para penghujat. Menjadi irama para pendusta. Menjadi musik para pembunuh. Menjadi hiburan tukang fitnah. Menarilah kalian dalam kubangan benci dan pilu. Mungkin kenikmatanmu hanya ada dalam kotoran itu.

Pemilu, alih-alih melahirkan pemimpin suci, yang kita pertontonkan justru benci. Melahirkan bangsa yang kesantunannya tercabik sampai ke urat nadi. Menciptakan masyarakat yang dendamnya tertanam jauh di hati. Yang otaknya diliputi kebencian. Yang mulut dan komentarnya terkadang lebih bau dari kubangan najis hitam.

Kita tidak tau, berapa skala gempa yang harus kita butuhkan. Jenis tsunami, kebakaran, kekeringan dan banjir bandang; yang harus datang. Untuk mendamaikan pertikaian. Untuk membersihkan negeri ini dari politik penuh hujatan. Dari demokrasi tanpa ruh. Dari Pemilu tanpa qalbu.

2024, akankah kembali membelah persaudaraan di negeriku?

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.

>> BACA SYAIR & PUISI HIKMAH LAINNYA
____________

SAID MUNIRUDDIN | The Suficademic
Web: 
saidmuniruddin.com
YouTube: youtube.com/c/SaidMuniruddin
TikTok:
tiktok.com/@saidmuniruddin
IG: instagram.com/saidmuniruddin/
Facebook: facebook.com/saidmuniruddin/
Twittertwitter.com/saidmuniruddin
Join Grup WA: The Suficademic-1
Join Grup WA: The Suficademic-2

Next Post

SPIRITUAL SAFETY SENSE

Sat Oct 29 , 2022
“Jurnal […]

Kajian Lainnya