DI USIA 76, KEBERADAAN HMI DITANYAKAN ALLAH DAN RASULNYA

Jurnal Suficademic” | Artikel No. 11 | Januari 2023

DI USIA 76, KEBERADAAN HMI DITANYAKAN ALLAH DAN RASULNYA
Oleh Said Muniruddin | RECTOR | The Suficademic

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Kalau milad HMI dirayakan di aula kantor cabang seluruh Indonesia, itu biasa. Kali ini beda, ultah ke 76-nya ikut dirayakan para malaikat di langit sana.

Ini bukan karena HMI sudah baik sekali. Bukan. Tapi karena ada beberapa kadernya yang mulai rajin menemui Allah SWT. Hal ini tentu sangat membahagiakan Allah SWT. Sehingga syafaat-Nya mengalir keseluruh jaringan organisasi.

Ahad, 05 Februari 2023. Subuh. Matahari belum terbit. Suasana masih remang. Sekelompok sufi terduduk tenang. Qalbu mereka belum berhenti bergetar, setelah beberapa waktu memutar tasbih begitu cepat dengan mata terpejam. Sambil terus memanggil: “Allah.. Allah”.

Tiba-tiba, seorang Wali Allah yang memimpin observasi spiritual di pagi yang tenang itu bertanya pelan: “Tanggal berapa ini ya?”. Jamaah subuh menjawab: “Tanggal lima”. Terdiam sejenak, Sang Guru yang diketahui sangat kasyaf ini berkomentar sederhana: “Hei, ini hari kelahiran HMI kan?”. Segelintir orang dari ratusan yang hadir mengangguk, kemungkinan pernah menjadi anggota HMI. Entah kenapa Beliau tiba-tiba mengaitkan tanggal 5 dengan HMI.

Itu waktu subuh.

Siangnya, setelah dhuhur, Wali ini spontan kembali bertanya. “Hari ini ulang tahun HMI kan?”. Beberapa yang hadir kembali mengiyakan. “Ya sudah, kenduri ini kita anggap juga sebagai perayaan kelahiran HMI”. Rupanya, sedang ada kenduri disana. Biasa, jamaah sufi sering sekali membuat acara syukuran. Makan-makan terus. Tanda bahagia. Itu kalau lagi tidak berpuasa.

Entah bagaimana, sang Wali Besar ini sampai 2 kali menyebut HMI pada 5 Februari ini. Biasanya, kalau sudah disebut, akan ada sesuatu. Semoga membawa kebaikan. Karena kalam para ulama yang mukasyafah, itu punya makna dan falsafah. Sebab, mereka tidak berbicara melainkan atas petunjuk-petunjuk ruhaniah.

Kalau ditimbang-timbang, sebenarnya bukan Ulama Sufi ini yang bertanya pada subuh dan siang 5 Februari 2023 itu. Tapi Allah SWT sendiri yang sedang bertanya kepada umat HMI, melalui para kekasih-Nya:

فَلَنَسْـَٔلَنَّ الَّذِيْنَ اُرْسِلَ اِلَيْهِمْ وَلَنَسْـَٔلَنَّ الْمُرْسَلِيْنَۙ

“Pasti akan Kami tanyai umat yang kepada mereka telah diutus para rasul. Pasti akan Kami tanyai (pula) para rasul.” (QS. Al-A‘rāf [7]:6)

Itulah pesan QS.7:6, pada milad ke 76 HMI. Pada usia ini, keberadaan kita telah ditanya (atau mungkin dipertanyakan) oleh para penghuni langit. Semoga kerja-kerja perkaderan dan perjuangan semakin membawa kita untuk dekat dengan Ridha-Nya. Semoga langkah-langkah strategis kita tidak hanya terhenti di gedung HMI/KAHMI, ataupun ruang-ruang gerakan lain yang kosong dari kehadiran-Nya.

***

Output perkaderan HMI itu unik. Kader dan alumninya sering dikritik banyak orang sebagai “liberal”. Dalam artian, punya cara berfikir dan bersikap yang lebih terbuka, dibandingkan organisasi serupa yang tertutup dan ‘radikal’. Kader dan alumni HMI bukan cuma berbau intelektual dan ‘sekuler’. Yang berbau filosofis dan mistikal juga banyak.

Kader dan alumni HMI, disatu sisi, memang banyak yang beraliran “kiri”. Suka berfikir kritis dan membangun gerakan-gerakan alternatif. Mereka bergerak menurut akal dan kehendak bebas. Disisi lain, banyak juga dari kita yang mulai terjerumus ke aliran “kanan”. Mulai meretas opsi-opsi spiritual dalam menghadapi tantangan. Mulai membangun dialog-dialog berdimensi transendental dalam menjawab berbagai persoalan.

Saya kira, perpaduan “kiri dan kanan” inilah yang akan memberi warna yang kuat bagi masa depan HMI dan KAHMI. Selamat milad!

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.

#powered by SUFIMUDA
___________________
FOLLOW US
:
SAID MUNIRUDDIN | The Suficademic
Web: 
saidmuniruddin.com
YouTube: youtube.com/c/SaidMuniruddin
TikTok:
tiktok.com/@saidmuniruddin
IG: instagram.com/saidmuniruddin/
Facebook: facebook.com/saidmuniruddin/
Twittertwitter.com/saidmuniruddin
Join Grup WA: The Suficademic-1
Join Grup WA: The Suficademic-2

Next Post

"DAA-IMUUN": SHOLAT TERUS-MENERUS PADA 50 WAKTU

Tue Feb 7 , 2023
“Jurnal […]

Kajian Lainnya