RAGAM SUFI

“Jurnal Suficademic” | Artikel No. 25 | Maret 2023

RAGAM SUFI
Oleh Said Muniruddin | RECTOR | The Suficademic

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Lupakan sejenak kategori sufi yang terlalu serius dari Ibnu Arabi atau urafa lainnya. Ada kutub, ghauts, aimmah, autad, abdal, nuqaba, hawariyun, nujaba, rajabiyun, khatamul wilayah, maktum, uwaisyiyin dan lainnya.

Dalam amatan kami di akhir zaman ini, sufi itu beragam. Ada sufi marxist, sufi borjuis, sufi humanis, sufi tradisionalis, sufi akademis, sufi birokratis, sufi politis; dan sebagainya -sesuai karakter anda. Termasuk mulai banyak muncul sufi scopus. Semua amalannya diarahkan untuk meningkatkan indeks di scopus.

Jadi, jangan berharap bahwa sufi itu ragamnya tunggal. Jangan mengira, sufi itu adalah seseorang yang sudah menyepi ke pinggir gunung, suka menunduk, tidak lagi makan pizza dan mulai menjauh dari warung kopi. Kalau itu yang ada dalam pikiran Anda, Anda betul-betul tidak mengerti sufi.

Sufi sosialis dan sufi akademis

Nah, kebetulan, yang disamping saya ini disebut-sebut sebagai sufi sosialis. Bajunya praktis. Ripcurl pula mereknya. Gayanya populis. Tak ada jubah, apalagi putaran tasbih. Tulisan-tulisannya kritis. Pendapatnya sering membuat orang naik tensi gula darah. Saya tanya, “Apa abang gak takut kalau nulisnya terlalu keras?”. Jawab beliau, “Selama Allah masih senang, saya tetap di jalan ini”.

Tambah lagi kopinya Bang!

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.

#powered by SUFIMUDA
___________________
FOLLOW US
:
SAID MUNIRUDDIN | The Suficademic
Web: 
saidmuniruddin.com
YouTube: youtube.com/c/SaidMuniruddin
TikTok:
tiktok.com/@saidmuniruddin
IG: instagram.com/saidmuniruddin/
Facebook: facebook.com/saidmuniruddin/
Twittertwitter.com/saidmuniruddin
Join Grup WA: The Suficademic-1
Join Grup WA: The Suficademic-2

One thought on “RAGAM SUFI

Comments are closed.

Next Post

"THE POWER OF SLEEPING": APAKAH ANDA KETIDURAN SAAT KHATIB BERKHUTBAH?

Fri Mar 3 , 2023
“Jurnal […]

Kajian Lainnya