“FUTUHAT CEREMONY”, DAHSYATNYA RITUAL PEMBUKA PADA MALAM PELANTIKAN KAHMI

BANDA ACEH. Jumlah tamu yang hadir membludak. Sebagian terlihat berdiri di belakang. Acara yang berlangsung bakda Isya pada Senin (02/10/2023), di Hall Hotel Amel Convention Blang Oi Banda Aceh, terlihat meriah. Lima ratus kursi yang disediakan panitia tidak mencukupi. Selain kader dan alumni HMI Banda Aceh dari semua generasi, juga hadir para pengurus MD KAHMI dari 23 kabupaten/kota seluruh Aceh. Termasuk tamu kehormatan, para simpatisan HMI/KAHMI.

Ada yang berbeda dari biasanya. Pelantikan KAHMI dan FORHATI Aceh kali ini diawali dengan “Futuhat Ceremony”. Futuhat bermakna “perluasan”; atau usaha untuk “masuk”, “membuka” atau “menundukkan” sesuatu. Secara filosofis bermakna, jika ingin menaklukkan sebuah acara, maka sesi pembukaannya itu harus memiliki power dan kesan yang kuat.

LIHAT: “FUTUHAT CEREMONY

Futuhat Ceremony merupakan sebuah konsep alternatif dalam memulai acara, yang didisain Pengurus KAHMI Aceh. Rangkaian pembuka, yang biasanya dilakukan secara formal, kini ditampilkan dalam sentuhan yang spiritually entertaining. “Model pembukaan acara pada Pelantikan KAHMI Aceh ini perlu ditiru oleh KAHMI lainnya”, sebut Syamsul Qomar, Sekjen MN KAHMI di awal pembacaan SK para Pengurus yang akan dilantik. “Sangat merinding”, sebut para tamu undangan lain yang mengikuti acara pembukaan pada malam itu.

Futuhat Ceremony di awali dengan pembacaan shalawat yang ditabuh Rapai, oleh Fadhil Zakaria dkk. Dilanjutkan kumandang azan oleh Amiruzzahri, dengan backsound hujan dan gemuruh petir. Dua ayat tentang “amanah/jabatan” serta ketaatan kepada Allah, Rasul dan Ulil Amri dilantunkan dengan merdu oleh Fakhrurrazi. Saritilawah yang begitu berpower dibacakan oleh Syarifah Fatimah Azzahra. Puncak pembukaan ditutup dengan munajat doa yang sangat reflektif oleh Said Muniruddin, salah satu Presidium KAHMI Aceh; yang juga Rector “The Suficademic”. Semua prosesi ini dilakukan secara berurutan, tanpa jeda. Dengan penempatan para talent di setiap sisi panggung, permainan cahaya, serta backsound suara. Tanpa terasa, sesi pembuka yang terdiri dari shalawat, azan, pembacaan ayat dan doa ini berjalan sangat khitmad.

LIHAT: PROFIL PRESIDIUM KAHMI ACEH 2022-2027

Pemutaran video profil Presidium KAHMI dan FORHATI Aceh disela-sela acara turut memberi sentuhan apik lainnya terhadap acara, yang tidak terasa berlangsung lebih dari dua jam, yang diketuai Safwan, SE, M.Si. Acara pada malam itu sangat memberi rasa bahagia. Sampai pukul 1 pagi, para tamu dan undangan terlihat masih berada dilokasi acara.

Pelantikan KAHMI dan FORHATI Aceh turut dihadiri Presidium MN KAHMI, Prof. Dr. Ir. Abdullah Puteh, M.Si. Juga Koordinator Presidium MN FORHATI, Cut Emma Mutia Ratna Dewi, SH, MH. Sekda Aceh, Bustami Hamzah, SE, M.Si ikut menyampaikan sambutan mewakili Pj. Gubernur Aceh. Prof. Dr. Syamsul Rijal, M.Ag selaku Koordinator KAHMI Aceh, juga turut menyampaikan visi terhadap tema yang diangkat pada kegiatan pelantikan kali ini: “Solidaritas KAHMI Aceh Terhadap Indonesia Emas 2045”.

LIHAT: PROFIL PRESIDIUM FORHATI ACEH 2022-2027

Ada seratusan jajaran pengurus KAHMI yang dilantik malam itu, yang dikoordinir oleh sembilan Presidium: Prof. Dr. Syamsul Rijal, M.Ag; Zulfikar ZB Lidan, M. Nasir Jamil, S.Ag, M.Si; Dr. Syaifullah Muhammad, ST, M.Eng; Syarifah Rahmatillah, SH, MH; Ihsanuddin, MZ, SE, MM; Aliman Selian, S.IP, M.Si; Said Muniruddin, SE, Ak, M.Sc; Dr. Ramzi Adriman ST, M.Sc. Sementara itu; Fauziah Intan, ST dkk juga turut dilantik untuk mengemban amanah sebagai Pengurus FORHATI Aceh periode 2022-2027.***

LIHAT: FULL LIVE STREAMING PELANTIKAN KAHMI & FORHATI ACEH 2022-2027

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.

[Tim Suficademic-News].*****
___________________
FOLLOW US
:
SAID MUNIRUDDIN | The Suficademic
Web: 
saidmuniruddin.com
YouTube: youtube.com/c/SaidMuniruddin
TikTok:
 tiktok.com/@saidmuniruddin
IG: instagram.com/saidmuniruddin/
Facebook: facebook.com/saidmuniruddin/
Twittertwitter.com/saidmuniruddin
Join Grup WA: The Suficademic-1
Join Grup WA: The Suficademic-2

Next Post

"HAJI", PERJALANAN MENUJU "KOTA SUCI"

Wed Oct 4 , 2023
KALAU […]

Kajian Lainnya