BINTANG ‘ARASY DI LANGKAT: NDP, SUFISME DAN LAGU-LAGU MELAYU

STABAT, LANGKAT. Said Muniruddin hadir sebagai pemateri pada Intermediate Training (LK-II) HMI Cabang Langkat (Kamis, 12/10/2023). Ini kesempatan perdana bagi penulis Bintang ‘Arasy untuk menyampaikan materi NDP dalam perspektif filosofis-sufistik di kabupaten yang kental dengan tradisi sufisme tersebut.

Bersama Novian Pratama, Ketum HMI Cabang Langkat

Kabupaten Langkat merupakan pusat sufisme di Sumatera Utara. Disana ada Desa Basilam, yang terletak di Kecamatan Tanjungpura, yang terkenal dengan praktik tarikatnya. Tidak heran, para peserta sangat antusias mengikuti materi ke-HMI-an dalam framework yang rasional sekaligus spiritual.

Seluruhnya ada 59 peserta, yang dari berbagai cabang dari wilayah Sumatera. Termasuk tujuh orang dari Aceh. Masing-masing dua orang dari Lhokseumawe dan Kutacane. Serta tiga orang dari Aceh Besar. Acara yang dipusatkan di gedung PKK ini berlangsung mulai 09 sampai 16 Oktober 2023.

Yang bertindak sebagai Master of Training adalah Aini Maimanah, seorang instruktur senior di Langkat, kebetulan juga Koordinator Presidium FORHATI di kabupaten tersebut. Training dikelola oleh sejumlah instruktur lokal lainnya seperti Indra Syahputra, Mega Dwiyana, Muhammad Firdaus.

Sejumlah instruktur luar turut membantu kegiatan ini. Seperti Afdhalal Ghifari (Takengon), Jeki (Binjai), Tutut (Medan), Deni (Medan), Faisal (Kisaran), Wawan (Deli Serdang), Gopin (Kisaran), Brimob Ritonga (Medan) dan Ika Lestari (Binjai).

Cafee Uncle Six, Langkat

HMI Cabang Langkat berdiri pada tahun 2000, setelah berpisah dari Cabang Binjai. Saat ini ada 4 komisariat. Tiga komisariat ada di STAI Jam’iyah Mahmudiyah dan 1 komisariat di STKIP Al-Maksum. LK II sempat vakum selama dua periode kepengurusan. Di bawah kepemimpinan Ketua Umum Cabang Noviandi Pratama dan Ketua Panitia Alfi Syahrin, training ini dapat kembali dilaksanakan.

Said Muniruddin memberikan materi selama lebih dari 3 jam. Selama di Langkat, pemateri juga ditemani ngopi di Uncle Six oleh Rezki Arinanda (Ketum Komisariat Al-Ishlahiyah), Iqbal Nuruddin (Kabid PAO) dan Khairul Amri (sekretaris panitia). Jeki, seorang instruktur bersuara merdu, ikut mempersembahkan beberapa lagu melayu saat rehat sore di cafee tersebut.

Aini Maimanah; MoT LK II, Koorpres FORHATI Langkat

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.

[Tim Suficademic-News].*****
___________________
FOLLOW US
:
SAID MUNIRUDDIN | The Suficademic
Web: 
saidmuniruddin.com
YouTube: youtube.com/c/SaidMuniruddin
TikTok:
 tiktok.com/@saidmuniruddin
IG: instagram.com/saidmuniruddin/
Facebook: facebook.com/saidmuniruddin/
Twittertwitter.com/saidmuniruddin
Join Grup WA: The Suficademic-1
Join Grup WA: The Suficademic-2

Next Post

REKTOR THE SUFICADEMIC AJAK WARGA DUNIA DOAKAN KEHANCURAN ZIONISME

Fri Oct 13 , 2023
BANDA […]

Kajian Lainnya