BAWASLU PIDIE LAKSANAKAN PELATIHAN PUBLIC SPEAKING, SAID MUNIRUDDIN SAMPAIKAN MATERI INI

PIDIE. Said Muniruddin, national leadership trainer and public speaker, memberikan pelatihan Public Speaking untuk Panitia Pengawas Pemilu se-kabupaten Pidie (Jum’at, 15/12/2023). Acara ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan penguatan kapasitas SDM yang diikuti/diwakili oleh Panwas kecamatan se-Kabupaten Pidie.

Keahlian berkomunikasi merupakan salah satu leadership skill yang harus dimiliki oleh petugas Pemilu. “Kita berharap, Panwas kita punya keahlian dalam public speaking saat berinteraksi dengan semua stakeholder Pemilu. Sehingga mampu meyakinkan semua pihak agar Pemilu dapat terlaksana dengan baik dan bersih”, sebut Ibu Nelli Yana, salah satu anggota Bawaslu Pidie yang ikut memfasilitasi kegiatan ini.

Selama pelatihan, Said Muniruddin memberikan konsep-konsep penting tentang disain dan metode public speaking. Selanjutnya diperkenalkan teknik-teknik delivery, verbal dan non-verbal, yang persuasif dan meyakinkan. Para peserta diajak untuk menyelami berbagai model public speaking para pemimpin, politisi, ulama, intelektual, profesional, bisnisman dan motivator; yang ada pada level internasional maupun lokal.

Setelah itu, peserta dibimbing untuk memahami tantangan yang akan dihadapi saat Pemilu. Kemudian masing-masing merumuskan dan menemukan model komunikasi yang efektif dalam menghadapi situasi itu. Selama sesi praktik, Said Muniruddin memberikan penguatan terhadap gaya bicara masing peserta. “Metode penyampaian materi pada pelatihan ini bagus sekali. Peserta, selain memperoleh penguatan mental dalam ranah komunikasi publik, juga mendapatkan pencerahan terkait teknik-teknik berargumentasi dalam frame legal-formal saat menghadapi berbagai kemungkinan tantangan selama Pemilu di level kabupaten”, sebut Afrizal salah satu peserta.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.

[Tim Suficademic-News].*****
___________________
FOLLOW US
:
SAID MUNIRUDDIN | The Suficademic
Web: 
saidmuniruddin.com
YouTube: youtube.com/c/SaidMuniruddin
TikTok:
 tiktok.com/@saidmuniruddin
IG: instagram.com/saidmuniruddin/
Facebook: facebook.com/saidmuniruddin/
Twittertwitter.com/saidmuniruddin
Join Grup WA: The Suficademic-1
Join Grup WA: The Suficademic-2

Next Post

AGAMA, AKAL DAN IRASIONALITAS

Sat Dec 16 , 2023
Jurnal […]

Kajian Lainnya