BAYAR SPP DI UNSYIAH, BELAJAR DI UNIVERSITAS MARA MALAYSIA

Kuala Lumpur – Lima mahasiswa International Accounting Program (IAP) Fakultas Ekonomi  Unsyiah berangkat mengikuti Students’ Mobility Programme ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) Perak, Malaysia. Program ini berlangsung satu semester Juni – November 2013, sebagaimana dijelaskan Said Muniruddin, Sekretaris Program IAP Unsyiah kepada The Globe Journal, Rabu (10/6/2013) via surat elektronik.

Selama di Malayasia mereka mengambil sejumlah mata kuliah yang telah disesuaikan dengan kurikulum Prodi Akuntansi International Fakultas Ekonomi UnSyiah. Ketika selesai mengikuti program ini seluruh nilai kreditnya telah diakui melalui sistem credit transfer.

“Yang juga menarik dari program ini, mahasiswa membayar SPP di Unsyiah sesuai tarif Unsyiah, namun belajarnya di luar negeri”, sebut Dr. Iskandarsyah Madjid, Kepala International Office (IO) Unsyiah.

IAP telah menjalin kerjasama dengan Kentucky University di USA, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Sains Malaysia (USM), dan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia.

Program ini bertujuan membantu mahasiswa untuk mempunyai pengalaman international serta memiliki koneksi global. Pada saat yang sama, mahasiswa diharapkan dapat terus memperdalam kemampuan berbahasa asing.

Seperti disebutkan oleh Pembantu Dekan Bidang Kerjasama Fakultas Ekonomi Unsyiah Jeliteng Pribadi, “Visi kami adalah untuk mentransform mahasiswa menjadi warga kelas dunia.”

Ini merupakan kali ke dua IAP mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di UiTM Perak Malaysia. Pada semester-semestar yang akan datang, IAP akan terus mengirimkan mahasiswanya ke universitas lainnya di luar negeri.

IAP merupakan program studi S-1 berstandar international di Unsyiah. Kurikulumnya berbahasa Inggris. Selain itu seluruh buku teks, bahasa pengantarnya juga bahasa Inggris. Dosen-dosen yang mengajar adalah lulusan luar negeri.

“Program ini dibuka sejak September 2011, setelah 5 tahun persiapan di bawah Pre-International Class (PIC). Pada tahun kedua ini, IAP telah memiliki 39 mahasiswa. Tujuh diantaranya berasal dari luar negeri (Kazakhstan dan Tajikistan)”, kata Dr. Nadirsyah, Ketua Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unsyiah.

Sumber: http://theglobejournal.com/pendidikan/bayar-spp-di-unsyiah-belajar-di-universitas-mara-malaysia/index.php

Next Post

ADA KERINGANAN?

Tue Jan 14 , 2014
ADA […]

Kajian Lainnya