KAHMI ACEH TIGA MINGGU BERBAGI ILMU

Laporan Yarmen Dinamika I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Aceh memperingati miladnya yang ke-50 dengan menggelar kegiatan “Berbagi Ilmu dan Pengalaman” selama tiga minggu (24 September-11 Oktober 2016) di Banda Aceh.

Sebanyak 22 alumni HMI Aceh menjadi narasumber dalam kegiatan itu tanpa dibayar sepeser pun.

Kegiatan itu dipusatkan di Aula Prof Lafran Pane Kantor KAHMI Aceh (Jalan Tgk Cot Plieng, Gampong Kota Baru, Lampineung, Banda Aceh).

Seluruh rangkaian pelatihan dan seminar ini diikuti hampir 500 peserta. Setiap sesi pelatihan diikuti rata-rata 20-25 peserta. Terdiri atas siswa, mahasiswa, guru, dosen, pegiat LSM, birokrat, pengurus partai, anggota dewan, jurnalis, pengusaha, dan pelaku usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM).

“Ini merupakan bagian dari kegiatan syukur KAHMI atas usianya yang ke-50 (17 September 1966-17 September 2016). Dan yang paling menarik adalah untuk melaksanakan 22 jenis seminar dan pelatihan selama tiga minggu ini, KAHMI hanya mengeluarkan biaya Rp 3 juta,” kata Ketua Panitia 50 Tahun KAHMI, Pudjo Basuki, kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Rabu (12/10/2016) sore.

Menurutnya, kegiatan Berbagi Ilmu dan Pengalaman itu terbuka dan digratiskan bagi seluruh lapisan masyarakat yang meminati materi tertentu dari narasumber. Misalnya, tentang Dasar-dasar Kaligrafi Islam, Teknik Membuat Blog dan Online Advertising, Public Speaking, Menjadi Konsultan Bisnis yang Handal, serta Strategi Penulisan Buku dan Jurnal Ilmiah Sosial.

Materi lainnya adalah Mencapai Impian melalui Rekonstruksi Pikiran Alam Bawah Sadar, Bagaimana Menjadi Tour Guide yang Profesional, serta Teknik Memimpin Sidang.

“Untuk melaksanakan sebuah rangkaian kegiatan yang bersifat massif, efektif, dan bermanfaat bagi masyarakat, kita bisa lakukan itu dengan cara-cara yang efisien serta membahagiakan banyak orang,” kata Said Muniruddin, inisiator dan koordinator kegiatan itu.

Sementara itu, Koordinator Presidium KAHMI Aceh, Zulfikar ZB Lidan menyatakan, KAHMI Aceh akan terus melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat. “Alumni HMI merupakan kader umat dan bangsa yang akan terus kita fasilitasi untuk berbagi berbagai ilmu dan pengalamannya bagi kebaikan masyarakat kita,” ujar Anggota DPRA itu.

Adapun para narasumber yang berbagi pengalaman dalam acara tersebut adalah Zulfikar ZB Lidan, Said Muniruddin, Ramzi Adriman, Suraiya Kamaruzzaman, Syarifah Rahmatillah, Safwan Nurdin, Fadhil Zakaria, Yustinawaty Hasibuan, Susanti Djakfar, Jehalim Bangun, Cut Ani Vivianty, Dhulhadi, Mustafa Ibrahim, Maulidar, Rudy Bastian, Pudjo Basuki, Muhammad Syarif, dan Zulfata.

Di antara para pemateri tersebut nama Edi Fadhil, pemuda yang sukses membangun banyak rumah untuk duafa di Aceh dengan menggalang donasi berbasis Facebook. Juga ada Irwanda M Jamil, developer sukses di Banda Aceh yang berbagi pengalaman tentang kaya raya dengan bisnis properti. (*)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2016/10/12/kahmi-aceh-tiga-minggu-berbagi-ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s