INI TENTANG AKHLAK, KAWAN!

Ini Tentang Akhlak, Kawan!
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

Hei, kawan! Ini bukan tentang Islam sebagai agama dan Muhammad adalah Nabimu. Bukan tentang bagaimana engkau rukuk sujud siang malam serta menahan lapar Senin Kamis. Tapi tentang bagaimana engkau tidak mengkafir-kafirkan mereka yang berbeda mazhab dan aliran, serta tidak meneror orang lain dengan laku bunuh dirimu.

Hei, kawan! Ini bukan tentang Kristen sebagai jalan hidup dan Yesus Juru Selamatmu. Bukan tentang kidung puji di setiap Minggu ataupun menggantung-gantung salib di lehermu. Tapi tentang bagaimana engkau tidak mengirim tentara dan senjata perang untuk membombardir jutaan nyawa tidak berdosa di berbagai belahan dunia.

Hei, kawan! Ini bukan tentang Judaisme dan Moses yang membebaskanmu dari perbudakan. Bukan tentang cara meratap di muka tembok maupun amidah, shema dan alenu. Tapi tentang bagaimana engkau tidak menyerobot tanah-tanah warga Palestina, membunuh anak-anak dan perempuan mereka, serta menganggap engkau paling terpilih dari semua bangsa.

Hei, kawan! Ini bukan tentang Budhisme dan Gautama Sang Pencerah itu. Bukan tentang empat kebenaran ariya, rambut botak dan cara bertapa. Tapi tentang bagaimana engkau tidak mengusir, membakar dan menguliti Rohingya yang engkau anggap tidak pantas untuk hidup bersamamu.

Hei, kawan! Ini bukan tentang Hindu dan segala cerita tentang Nirwana. Bukan tentang puja dan yajna, mantra-mantra dan persembahan. Tapi tentang bagaimana engkau menjadikan Hindustan sebagai syurga bagi semua, tanpa undang-undang yang rasial.

Hei kawan, semua agama bersetan. Kecuali yang melahirkan akhlak. “Agama itu akhlak yang mulia” (HR. Ahmad, Hakim, dan Baihaqi).

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by PEMUDA SUFI
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG: @saidmuniruddin