“Jurnal Tasawuf Akhir Zaman” | PEMUDA SUFI | Artikel No.50 | Juli 2021


EFEK BERTUHAN
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Dulu. Sebelum bertemu Tuhan, hidup bang Ramzi sibuk sekali. Susah sekali ditemui. Padat betul agendanya. Hampir-hampir tidak ada waktu kalau di ajak ngopi. Lebih sibuk beliau daripada presiden Jokowi. Kini, setelah berjumpa Tuhan, hampir tiap hari ajak kita minum kopi. Santai betul!

Beda dengan bang Safwan. Sibuknya baru muncul setelah bertemu Tuhan. Jam delapan pagi sudah di kantor. Jam delapan malam, kalau di ajak ngopi, ngakunya juga masih kerja di kantor. Padahal, dulu, saat masih mencari-cari Tuhan, kerjaannya ngopi terus. Dari warung ke warung. Tidak pernah benar-benar bekerja. Santainya minta ampun!

Efek bertuhan memang beragam. Ada orang, saat masih mencari Tuhan, peci dan sarung tak pernah lepas dari badan. Begitu berjumpa Tuhan, pakaiannya diganti ke oblong ketat dan celana jeans. Katanya, “ternyata bukan di baju, Tuhan itu di hati”. Tapi ada juga yang dulunya ugal-ugalan, kini sudah bergamis dan jenggotan. Katanya, “saya baru ketemu Tuhan”. Efek bertuhan beda-beda. Kita hargai saja.

Bang Safwan juga begitu. Sejak bertemu Tuhan, kulihat tanda hitam di dahi yang ia peroleh saat masih mencari Tuhan, mulai pudar. Justru cahaya putih di hatinya yang makin terang. Sedangkan bang Ramzi, sejak bertuhan, justru mata kaki yang dulu putih mulus kini mulai agak hitam. Memang efek bertuhan beragam.

Cuma, badan mereka aja yang gak berubah. Baik sebelum dan sesudah bertuhan. Mungkin Tuhan tidak terlalu mengurusi fisik seseorang.

“Barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhan, hendaklah dia mengerjakan amal shalih dan janganlah menyekutukan sesuatu apapun dalam beribadah kepada Tuhan-nya” (QS. Al-Kahfi: 110).

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG: @saidmuniruddin