SEMUA SUDAH KALIAN MILIKI, KECUALI HUSAIN

Taliban yang baru saja menguasai Afghanistan, awalnya kontra dengan peringatan Asyura, kini telah ikut serta dalam sebuah majelis Muharram di Kabul, dan menyatakan bahwa Husain adalah milik bersama (17 Agustus 2021)


“Jurnal Tasawuf Akhir Zaman” | PEMUDA SUFI | Artikel No.59 | Agustus 2021


SEMUA SUDAH KALIAN MILIKI, KECUALI HUSAIN
Oleh Said Muniruddin | Rector | The Zawiyah for Spiritual Leadership

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Tauhid anda boleh jadi setinggi langit. Ritual ibadah anda mungkin mampu mengalahkan para nabi. Begitu pula hafalan ayat dan hadis, jangan-jangan anda sudah tingkat dewa. Tapi, anda tidak akan pernah bisa mengusir para penjajah dari rumah anda sendiri. Sumberdaya alam akan terus dihisap. Dicucuk hidung. Dipaksa normalisasi hubungan dengan para penindas. Seperti Uni Emirat Arab. Bahrain. Sudan. Maroko. Segera menyusul Arab Saudi dan para aristokrat lainnya. Khawatir negeri ini juga begitu. Kenapa ini bisa terjadi?

Karena anda tidak memiliki “Husain”, spirit jihad Sang Nabi. Anda tidak punya memori. Anda tidak punya ideologi. Anda tidak punya semangat untuk melawan. Anda tidak punya patron seperti dikatakan WR Supratman: untuk tumpah darah, untuk bangkit jiwanya, untuk bangkit badannya. Untuk berani. Untuk menang. Untuk berdiri secara terhormat, dihadapan Tuhan.

Agama, bagi kebanyakan orang, hanya ritual. Opium. Bentuk pelarian dari keterjajahan. Dengan “Husain” anda menjadi merdeka. Mampu bangkit untuk menghadapi kenyataan. Untuk memimpin pasukan. Untuk terlibat dalam gerakan. Untuk syahid. Untuk abadi. Untuk sejahtera. Untuk bahagia. Untuk menang.

Tidak ada yang bisa mematikan Husain. Tidak kekuasaan Yazid bin Muawiyah. Tidak pula pedangnya Syimir bin Dzil Jausyan. Tidak ada yang bisa memadamkan nama agung Husain. Nama yang jauh sebelum kelahirannya sudah terpatri di bahtera Nuh. Tidak ada yang bisa meredupkan apa yang hendak ia perjuangkan. Walau bendera Husainiyahnya kalian turunkan. Walau peringatan Asyuranya kalian larang. Tidak ada yang bisa menghilangkan jejak suci Husain. Karena hidup dan matinya adalah keabadian.

Semua sudah kalian miliki. Kecuali Husain. Kaya, tapi terjajah. Beragama, tapi tertindas.

Husain bukan Sunni. Bukan Syiah. Husain adalah anda semua, apapun mazhab dan agama, yang jiwanya selalu bergerak untuk meraih merdeka!

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

💥 powered by SUFIMUDA
___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web: saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s