PELATIHAN DASAR NASAB

image: Asyraf Aceh

PELATIHAN DASAR NASAB. Kerapian pencatatan silsilah menjadi perhatian penting pada beberapa elemen masyarakat di muka bumi. Pencatatan nasab merupakan sistem pencatatan sipil yang ada pada kabilah tertentu yang bertujuan memahami sejarah, asal-usul dan cabangan keluarga.

Taksonomi famili ini harus rapi agar tidak keliru untuk memahami keragaman “buah” yang lahir dari keragaman “pohon.” Ada “tali” silaturahmi yang juga ingin dibangun dari sistem pertalian keturunan ini. Dan yang terpenting, usaha mengenal diri merupakan bagian dari mengenal orang-orang terdahulu beserta warisan leadership dari mereka, dalam rangka mengenal Tuhan.

وَلَقَدْ أَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ آيَاتٍ مُبَيِّنَاتٍ وَمَثَلًا مِنَ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ وَمَوْعِظَةً لِلْمُتَّقِينَ

“Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penerangan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. An-Nur: 34).

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Asyraf Aceh “The Institute for Census and Research of Sayyids”, Hotel Safira, Sigli: 8-10 Desember 2017.