YANG KURANG DARI ANIES


“Jurnal Pemuda Sufi” | Artikel No. 40 | Juni 2022


YANG KURANG DARI ANIES
Oleh Said Muniruddin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM. Apa yang kurang dari Anies?

Anies itu tokoh hebat. Ganteng sudah pasti. Orang Arab memang begitu, gantengnya udah bawaan lahir memang. Bicaranya juga bagus. Rapi. Gaya pengulangan bahasanya keren. Ketika menekankan sesuatu, ia selalu mengulang sejumlah kata berbeda tapi untuk maksud yang sama. Tidak jarang ia menyusun kosakata sendiri untuk meng-attract audien. Anies itu manis, enak didengar cara ngomongnya.

Lalu apa yang kurang?

Yang kurang cuma satu. Teriakan “takbir”. Kalau gaya bicaranya yang intelek dibungkus dengan takbir, bisa meledak itu. Sebab, ia sangat didukung, salah satunya oleh “kaum takbiran”. Sementara, “tokoh takbir” Indonesia, Habib Rizik Shihab bersama organisasinya sudah diamankan negara. Termasuk juga yang sejenis, seperti HTI. Indonesia saat ini boleh dikatakan sedang kosong dari spiritualitas “takbir”.

Kalau Anies mengambil alih teriakan takbir, bakal menarik itu. Popularitasnya bakal melangit. Intelektualisme akan menyatu dengan simbol-simbol spiritualisme. Cuma, peluang jadi presiden semakin menipis. Sebab, teriakan takbir untuk konteks hari ini sangat diwaspadai oleh negara, dan juga dunia. Karena kelompok radikal pun itu ciri umumnya. Tapi patut dicoba. Paling tidak sesekali saja, untuk melihat reaksi massa.  Lebih bagus lagi, jika gemuruh takbirnya bisa tembus sampai ke langit sana. Tapi itu ada caranya.

Takbir!

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

___________________
SAID MUNIRUDDIN
The Zawiyah for Spiritual Leadership
YouTube: https://www.youtube.com/c/SaidMuniruddin
Web:
 saidmuniruddin.com
fb: http://www.facebook.com/saidmuniruddin/
Twitter & IG@saidmuniruddin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s