PAK SYAM; CUKUP HANYA MENJADI ORANG BIASA, ANDA AKAN DILAYANINYA

Pak Syam: Cukup hanya menjadi Orang Biasa, Anda akan Dilayaninya
Oleh Said Muniruddin

SATU dari banyak hal yang paling kami sukai dari Prof. Dr. Syamsuddin Mahmud (24 April 1935 – 22 Mei 2021) adalah kerendahan hatinya. Beliau bersedia menerima siapa pun yang mau menjumpainya. Si gam bakong sekalipun, yang tak punya apa-apa, mau ia layani.

Anda tidak harus menjadi tokoh terkenal, lalu diterima Pak Syam, mantan Gubernur kelahiran Gampong Lada Beureunuen Pidie 86 tahun silam. Cukup anda katakan, “Lon aneuk komisariat ekonomi Pak”. Entah siapa anda, langsung di suruh datang ke apartemennya, atau janjian dimana untuk diajak ngobrol dan ngopi olehnya.

Cukup hanya dengan menjadi orang biasa dan tak punya jabatan apa-apa; panggilan telpon anda sudah cukup syarat untuk dijawab oleh Pak Syam; lalu ia bersedia menemui anda. Beruntung kalau salam terakhir ditempeli sesuatu (pengalaman kami para aktifis jalanan, saat kesulitan hidup di Jakarta).

Beliau seorang guru, yang sangat menyukai orang yang ditemui. Apalagi jika punya visi, anda akan selalu diingat olehnya. Ia bukan tipe leader yang mendadak ‘besar’ dan ‘tinggi’ karena tiba-tiba punya posisi. Berbeda dengan umumnya politisi, ia tidak mengurung diri untuk ditemui. Ia figur akademi sejati; yang makin lama makin rendah hati. Sederhana dan bersahaja. Sangat peduli pada pengembangan leadership pemuda.

Alfatihah!

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Aali Muhammad.*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s